Menggagas Perpustakaan Digital Dalam Ranah Perguruan Tinggi (Public Discussion of ALUS) - ALUS DIY

29 November 2011

Menggagas Perpustakaan Digital Dalam Ranah Perguruan Tinggi (Public Discussion of ALUS)



Diskusi publik dengan judul Menggagas Perpustakaan Digital Dalam Ranah Perguruan Tinggi yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu (28/05) ialah salah satu agenda kegiatan Divisi Pengembangan Profesi dengan narasumber Siti Nurkamila, S.IP, mahasiswi S2 pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Diskusi berlangsung selama 2 jam dengan pembahasan mengenai konsep, koleksi, dan software perpustakaan digital dalam ranah perguruan tinggi. Adapun yang tercakup dalam konsep yaitu pengertian dan ciri- ciri perpustakaan digital, sedangkan cakupan koleksi adalah koleksi dalam bentuk digital, seperti e-book, local content/ Institusional Repository. Dalam perkembangan perpustakaan digital kini muncul berbagai software, antara lain: Dspace, GDL, GSDL, dan Eprint. 

Diskusi tersebut bertujuan untuk merpererat persaudaraan antar anggota khususnya para anggota muda yang baru menjadi bagian dari ALUS. Sedangkan tujuan yang lain ialah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang kepustakawanan. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan kita.

Oleh: Sarofah
*Sarofah adalah Sekretaris Umum ALUS Periode 2011-2012 

Bagikan artikel ini

3 komentar

  1. Salam, salute buat program ini. harapannnya semoga berkelanjutan (dikaji dan dikembangkan), bgtu jg dgn Site ALUS ini. Selamat semoga kontributor dari seluruh anggota ALUS dpt brpartisipasi, aha..harus ada acara launching nih hehe :)

    BalasHapus
  2. thanks....so pasti mas, launching tggu fixasi scra kseluruhan dlu..... oya dtnggu juga kontribusi dari demisioner..hee

    BalasHapus