[berita acara] We’re what we reads… (An experience about reading promotion of ALUS)

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 19.29 with 1 comment
 We’re what we reads…


Sebagai kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi Ilmu perpustakaan, tentu memahami betul akan faedah dari Pembinaan minat baca. Karena pembinaan minat baca merupakan salah satu jenis pelayanan perpustakaan dalam membantu dan memberi guidance kepada para pemustaka atau masyarakat yang dilayani oleh perpustakaan. Pembinaan minat baca ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan selera dalam membaca, terampil dalam menyeleksi, dan menggunakan buku, mampu mengevaluasi materi bacaan dan memiliki kebiasaan efektif dalam membaca informasi, serta memiliki kesenangan membaca.

Untuk memudahkan perpustakaan dan pustakawan dalam pengelolaan kebutuhan pelayanan dari berbagai sektor informasi, khususnya pemustaka, maka organisasi mahasiswa yang bergerak dalam bidang Pusdokinfo (perpustakaan,dokumentasi dan informasi), yang akrabnya dipanggil ALUS (Association of Library University Students), merasa terpanggil untuk melakukan sebuah gerakan mulia, yakni pembinaan minat baca, kegiatan tersebut mereka awali dari tingkat pendidikan dasar, dengan pertimbangan bahwa, peserta didik yang dibina untuk gemar membaca sejak dini, akan memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan kecerdasannya, sehingga mereka lebih mampu menjawab setiap tantangan hidup pada masa-masa mendatang. Disamping itu, kemampuan membaca merupakan tuntutan realitas dalam kehidupan manusia. Karena minat baca yang mulai dikembangkan sejak dini dan berlangsung secara teratur akan tumbuh menjadi kebiasaan membaca. Sementara itu kebiasaan membaca selanjutnya dapat dijadikan landasan bagi perkembangan budaya baca.
Kegiatan pembinaan minat baca tersebut di percayakan kepada DPPM (divisi pengembangan dan pengabdian masyarakat), kegiatan tersebut juga melibatkan seluruh komponen divisi serta anggota ALUS yang lain untuk ikut andil, agar pengalaman dan pemahaman pada kegiatan tersebut, dapat tersalurkan secara merata, tertib dan konsisten.

Dalam periode kepengurusan tahun 2011. ALUS telah melakukan pembinaan minat baca di berbagai tempat, diantaranya adalah SD Salamrejo dan SD Asem Cilik, pada Sabtu, 13 Agustus 2011 Pukul 09:00-15:00. Kemudian diselenggarakan juga di SDN Kalikutuk pada Sabtu, 20 Agustus 2011.Pukul 09:00-11.00, semua tempat tersebut dilaksanakan di Kab. Kulon Progo Yogyakarta. Total peserta secara keseluruhan yang ikut pada Kegiatan tersebut sebanyak 85 orang siswa, dan dihadiri oleh 16 anggota ALUS , yang bertindak sebagai pemateri, moderator dan pemandu games.

Kegiatan ini metode yang digunakan adalah sebagai mana lazimnya kegiatan proses belajar mereka di kelas, tatap muka, diskusi serta games. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat yakni ruang kelas dan ruang aula , kedua tempat tersebut dinilai sangat tepat dan kondusif serta sebelumnya memang telah dipertimbangkan serta telah diatur secara matang oleh anggota ALUS dengan pihak sekolah. Desain pembelajaran dengan model lesehan untuk menghindari kejenuhan peserta selama kegiatan berlangsung. Selain berbagai macam bentuk pemaparan yang di sajikan oleh pemateri, kegiatan ini juga kami kemas dengan mengkolaborasikan antara materi dan games yang berbentuk motivasi agar tidak terjadi ketegangan, kejenuhan serta ketidak konsentrasian dikalangan peserta.


Pada bagian akhir kegiatan ini, tim ALUS manfaatkan dengan permainan Tebak Kata, kepada para peserta, yang nantinya diharapkan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terkait materi yang disajikan oleh Tim Pemateri, setelah itu pembentukan kelompok untuk menampilkan performent masing-masing kelompok terkait penyusunan potongan Surah-surah pendek yang terdapat pada lembaran-lemmbaran yang telah diacak dan diadakan penilaian bagi kelompok yang berprestasi, kemudian penyerahan door-prise kepada peserta yang berprestasi. Acara terakhir peserta menyampaikan pesan dan kesan oleh peserta selama mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian para Tim Sosialisasi Minat Baca ALUS melakukan closing dengan para peserta dan pihak sekolah yang disertai dengan photo bareng-bareng. “Terus berkarya dan tunjukkan daya cipta dan kreatifitas kita bersama sebagai anggota ALUS yang sesungguhnya”.

*by Mukhlis (Kadiv. PPM 2011).