Komik dan Majalah Bergambar Memberikan Pengetahuan Positif pada Anak-anak

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 18.47 with 4 comments
Kegiatan membaca adalah salah satu faktor penentu kecerdasan seseorang. Dengan rajin membaca, seseorang akan memperoleh ilmu, wawasan ataupun pengetahuan, sehingga dirinya dapat mengembangkan potensi ke arah yang positif. Seperti kata pepatah ilmu adalah jendela dunia. Maka tanamkanlah sejak dini membaca buku setiap hari, setiap waktu dan setiap tempat dimanapun kita berada, karena sangat penting bagi semua orang khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk membaca.

Tapi kebanyakan anak-anak sekarang lebih cenderung suka untuk membaca buku komik atau majalah bergambar lainnya, dari pada membaca buku pelajaran. Sehingga banyak orang tua ataupun guru yang mengeluh karena kebiasaan dan perilaku mereka. Tidak sedikit dari mereka yang nilai ujiannya menurun ataupun jelek. Karena malasnya membaca bukku pelajaran yang tebalnya 2cm bahkan ada pula yang tebal buku sampai 4-5 cm. Anak-anak pasti malas ataupun tidak suka membaca buku yang tebal-tebal dan isinya pun juga pelajaran semua.

Anak-anak juga perlu waktu untuk membaca buku setebal itu, menurut saya anak-anak juga harus ada waktu untuk bermain, karena masa anak-anak lazimnya di isi dengan bermain, yang harus dilakukan kurang lebih 40% perhari. Karena di dalam baermain akan membentuk kepekaan, jiwa sosial, perkawanan dll dengan sendirinya.

Kalau menurut saya pribadi membaca komik ataupun sejenisnya tidak salah atau tidak buruk, karena didalam komik ataupun majalah terdapat pengetahuan dan ilmu, bahkan anak-anak bisa berimajinasi dengan keinginannya atau kemauannya sendiri. Imajinasi sangat penting bagi anak-anak, apalagi dalam massa pertumbuhan. Tapi kita sebagai orang dewasa ataupun orangtua juga harus bisa mendampingi ataupun memilih bahan bacaan yang bagus, jangan sampai kita salah memberikan bahan bacaan untuk anak-anak. Hendaknya anak-anak di berikan buku bacaan yang ringan (bergambar) tapi isinya tentang pengetahuan yang bermanfaat. Seperti komik ataupun majalah mickey mouse, naruto, dragon ball, cerita nabi-nabi, galaxy luar angkasa, penemu-penemu benda bersejarah, cerita pahlawan, flora dan fauna dll.

Dengan seringnya atau banyaknya membaca komik maupun majalalah akan membentuk atau membuat anak-anak menjadi berani bercerita tentang sejarah penemuan, sejarah nabi-nabi, bentuk atau kondisi fisik dari benda maupun yang lainnya dengan sangat percaya diri, dan mengambil banyak hikmah dari membaca komik dan majalah bergambar.

Komik dan majalah bergambar benar-benar mampu meningkatkan minat baca anak-anak. Tingginya minat membaca dan kebiasaan membaca akan mendorong tumbuhnya budaya membaca. Orangtua, guru maupun orang sekitar kita memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan minat baca dan membangun budaya baca dikalangan anak-anak.

Harapan saya pribadi, kedepannya semua orang bisa sadar akan pentingnya membaca, membaca tidak harus yang berat dalam artian seperti sosiologi, ekonomi, argonomi dll, tetapi buku komik atau majalah pun termasuk salah satu sumber pengetahuan yang sangat besar bagi semua kalangan terutama anak-anak. Maka mulai dari sekarang dibiasakanlah membaca buku atau bacaan lain setiap hari minimal 2 jam/hari

Oleh: Herlambang Rahma Dhany
*Herlambang adalah Sekretaris Divisi pengembangan Profesi