Tips Menulis Resensi

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 19.18 with 1 comment


Sering denger dan membaca resensi buku atau film??? tentunya pernah dunk, hari gini gak suka baca ???? bakalan jaduL dech jadi orang..heee.... baca kan gak kudu buku- buku yang berat banget bikin kepala cenat- cenut, bisa baca artikel di majalah, surat kabar, media online, bahkan baca pikiran orang..(huehue melatih six sense....). so niy aku punya goresan dikit mengenai resensi. Sebenarnya niy tulisan copy paste, tapi ada kesimpulan dari berbagai sumber yang aku baca, jadi bukan plagiat atau mencuri pengetahuan orang lain, lagian pengetahuan itu kan gak ada yang murni menurutku..hehm...ngomong apa sich...jadi ngelantur niy...dah...mulai yaak:......
>> Apakah itu resensi????
      Resensi termasuk salah satu tulisan opini di media massa. Jika dilihat dari segi isinya, resensi berbeda dengan tulisan lain di media massa, misalnya artikel. Resensi mengulas satu objek, yaitu hasil karya jadi dari seseorang atau sekelompok orang, (Sudaryanto,2008:8-9). Kata resensi berasal dari bahasa latin revidere berarti kembali, dan dalam bahasa inggris disebut review (Soewandi:1997:ix). Oleh karena itu resensi dapat dikatakan sebuah tulisan yang berisi tentang pendapat pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah karya orang lain, berupa buku, film, dan lain sebagainya.


>> Apa tujuan resensi??
      Ada bebrapa tujuan seseorang meresensi buku, diantaranya:
  1. Untuk menarik minat baca. Kenapa bisa begitu? ya iyalah bisa soalnya dengan  adanya resensi yang dibaca seseorang mengenai buku tertentu, misalnya novel 3 menara (hehm..sebut merk), orang lain akan tertarik untuk membaca novel tersebut yang telah dikupas abis dalam resensi, mengenai isi novel, kelebihan, kekurangan, informasi bibliografisnya, bahkan harga.
  2. Resensi bisa dijadikan panduan untuk membeli buku. Dalam hal ini pembaca yang akan membeli buku mendapatkan informasi lengkap tentang sebuah buku, so dengan adanya resensi buku dapat menghemat waktu karena tidak harus membaca lebih dalam tentang buku yang akan dibelinya, cukup dengan membaca resensinya.
  3. Resensi dapat dijadikan pedoman untuk menilai suatu buku apakah layak dibaca atau tidak.
  4. Resensi sebagai promosi buku. Dengan adanya resensi maka penerbit buku bisa melakukan promosi kepada publik.


>> Unsur- Unsur Resensi Buku
Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku, antara lain:
  1. Identitas buku. Dalam dunia perpustakaan hal itu disebut data bibliografi, yang meliputi:Judul buku, pengarang, penerbit, kota terbit, tahun terbit, cetakan terbitan, tebal buku, ukuran buku, dan bisa ditambahkan cover buku.
  2. judul resensi, yaitu inti dari tulisan peresensi.
  3. gambaran umum isi buku.
  4. hasil analisis penulis, meliputi kekurangan, kelebihan, dan saran untuk pembaca.
  5. ciri bahasa yang digunakan penulis tergantung buku yang diresensi, apabila akademik ya gunakanlah bahasa akademis, atau ilmiah, atau reflektif.
  6. Manfaat yang akan diperoleh pembaca apabila membaca buku yang diresensinya. (Sudaryanto,2008:11-12)
>>So, Apa manfaatnya meresensi buku?
  1. Dapat mempublikasikan karya tulis kita di media massa.
  2. Mendapat buku dari penerbit, (seneng bukan?
  3. mendapat honor dari resensi yang berhasil dimuat di media mass
  4. melatih kita untuk menuangkan ide dan meningkatkan minat baca serta hobi

    Oleh: Sarofah
    *Sarofah Adalah Sekretaris Umum ALUS