Pengolahan Perpustakaan Ngudi Kawruh

Tanggal 6-9 Juli 2012 ALUS diberi amanah oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DIY untuk melakukan pengolahan di Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh.
Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh adalah sebuah perpustakaan desa yang terletak di desa Pundungsari Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, perpustakaan ini merupakan perpustakaan binaan BPAD Provinsi DIY, karena pada tahun 2011 perpustakaan Ngudi Kawruh ini berhasil menjadi juara satu tingkat provinsi DIY, maka BPAD mensponsori untuk maju ke lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional dan Alhamdulillah pada tanggal 21 Juni 2012 kemarin perpustakaan desa Ngudi Kawruh resmi memiliki Bangunan baru.
Pengolahan di perpustakaan Ngudi Kawruh ini meliputi penataan ruang, pengolahan koleksi mulai dari input ke system Automasi berbasis SLiMS (Senayan Library Management Sistem) versi Meranti, kemudian pelabelan, serta pemberian barcode label.
Di perpustakaan Ngudi Kawruh ini juga tidak hanya terdapat koleksi buku saja, perpustakaan ini juga memiliki koleksi-koleksi mainan anak-anak yang terdapat pada layanan Kids Corner.
Perpustakaan Ngudi Kawruh ini juga memiliki website yang dibuat dan didesain oleh salah satu anggota ALUS berikut ini alamatnya http://www.pdngudikawruh.tk dan juga facebooknya “Perpustakaan desa Ngudi Kawruh” untuk kedepannya pihak ALUS tidak hanya ikut berpartisipasi dalam pengolahan perpustakaan saja tetapi juga ikut memonitor perkembangan perpustakaaan tersebut dan juga bisa mengembangkan website tersebut. [budi/red].
Pengolahan Perpustakaan Ngudi Kawruh Pengolahan Perpustakaan Ngudi Kawruh Reviewed by Alus DIY on Juli 10, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.