BPAD SUMUR Jadikan Perpustakaan Wisata Baca Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 09.18 with 1 comment
Medan - Keberadaan perpustakaan di Sumut harus ditingkatkan fungsinya untuk menjadi sarana wisata baca bagi pelajar, mahasiswa dan seluruh komponen masyarakat dalam mengembangkan sumberdaya manusia melalui membaca, menulis, meneliti dan berdiskusi. Hal itu dikatakan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut Hasangapan Tambunan SPd, MSi pada rapat koordinasi (rakor) perpustakaan se Sumatera Utara Tahun 2013 bertema “Optimalisasi Layanan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat,” di Hotel Madani Medan, Selasa (26/3).

Lebih lanjut dikatakannya, semakin meningkatnya sumber daya manusia Sumatera Utara baik para pelajar, mahasiswa dan berbagai komponen masyarakat lainnya, maka secara bersama-sama pemerintah ikut merencanakan dan melaksanakan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Sumut. Oleh sebab itu, pengembangan segala jenis perpustakaan harus terus ditingkatkan. Rakor perpustakaan se Sumut tahun 2013 ini diharapkan dapat mengevaluasi keberadaan segala jenis perpustakaan yang ada di kabupaten/kota, sekaligus melahirkan program dan kegiatan prioritas yang akan dimajukan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang akan datang.

Sinegritas Program Sementara Sekretaris BPAD Sumut Drs Chandra Silalahi MSi mengatakan, rakor ini bertujuan melakukan sinergitas program prioritas pengembangan perpustakaan, di antaranya pengembangan minat baca secara merata, revitalisasi perpustakaan segala jenis perpustakaan, kampanye minat baca melalui berbagai lomba-lomba minat baca dengan melibatkan stakeholder. Dorong kabupaten/kota Kemudian mendorong kabupaten/kota untuk membentuk lembaga perpustakaan bagi yang belum membentuknya, karena perpustakaan dan arsip merupakan urusan wajib pemerintah sesuai dengan PP No 38 Tahun 2007.

”Melalui rakor, diharapkan perpustakaan menjadi idola masyarakat Sumut,” ucapnya. Rakor ini diikuti 33 peserta berasal dari kepala perpustakaan kabupaten/kota se Sumut, perpustakaan USU, Unimed, IAIN-SU, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Tim Penggerak PKK Provsu dan instansi terkait di BPADSU berjumlah 74 orang. Narasumber pada rakor tersebut antara lain, Kepala BPAD Sumut Hasangapan Tambunan SPd, MSi dengan topik, kebijakan pengembangan perpustakaan di Sumut, Dedi Junaidi MSi dari Perpustakaan Nasional RI, topik kebijakan pengembangan perpustakaan di Indonesia, Ir S.K Ambarita dari Bappeda Sumut, topik dukungan Bappeda terhadap pengembangan perpustakaan, staf ahli Komisi E DPRD Sumut Dr Dra Liesna Andriany MPd, topik dukungan legislatif terhadap pengembangan perpustakaan dan Sekretaris BPADSU Drs Chandra Silalahi MSi, topik kebijakan pengembangan perpustakaan desa dan kelurahan.

Sumber: Analisa daily
NS