INDUSTRY TOUR 2017

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 22.58 with No comments

Industry tour merupakan kegiatan belajar yang serupa dengan study tour, yakni melakukan kunjungan ke tempat industri untuk menambah ilmu dan pengetahuan bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Divisi Pengembangan Profesi yang baru pertama kali dilakukan pada tahun ini. Kali ini industry tour menyasar dunia penerbitan untuk dikunjungi, yaitu Penerbit Andy Offset, Yogyakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan, khususnya anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dalam kegiatan proses penerbitan, editing, distributor dan informasi di dunia penerbitan. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 25 Maret 2017. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemaparan materi oleh pihak penerbit tentang bagaimana dunia percetakan, sejarah penerbitan Andy Offset, ketentuan menjadi penulis, masalah-masalah yang dihadapi publisher/penerbit. Baru setelahnya, peserta diajak  masuk ke gedung produksi untuk melihat langsung bagaimana proses produksi dari sebuah buku. Setelah itu, peserta diajak ke toko buku Andy Offset untuk melihat buku yang sudah selsesai produksi dan siap untuk dijual.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan wawasan dan gambaran kepada seluruh anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang mengikuti kegiatan, yang mana nantinya apabila sudah lulus tidak hanya bisa berkiprah di dunia kepustakawanan saja, namun juga dunia penerbitan.