PELATIHAN DESAIN BERSERI #3 : Layouting Biar Gak Pening - ALUS DIY

24 November 2020

PELATIHAN DESAIN BERSERI #3 : Layouting Biar Gak Pening

            Minggu (22/11/2020), telah berakhir Pelatihan Desain Berseri yang dilaksanakan oleh Divisi Pers ALUS dengan tema “Desain Asyique dari Rumah”. Seri terakhir masih dilakukan via Zoom, dengan materi penutup kali ini adalah Layouting. Hal ini tentunya sangat penting bagi anggota ALUS untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang desain grafis agar lebih maksimal.

            Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB, seperti biasa dibuka oleh kedua MC dari Anggota Muda Divisi PERS ALUS. Selanjutnya materi inti dibawakan oleh Narasumber kita sekaligus demisioner ALUS, yaitu Mas Muhammad Furqon. Sebagai finishing, Layouting atau Komposisi merupakan hasil akhir dari gabungan materi pelatihan sebelumnya, yakni Tipografi dan Shaping. Pada pelatihan pertama, partisipan sudah diberikan materi tentang bagaimana cara untuk memilih dan menata huruf demi menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal dan seefektif mungkin. Pelatihan kedua dilanjutkan dengan materi shaping dimana partisipan diajak mendigitalisasi sketsa atau bentuk secara proporsional dengan menggunakan warna yang sesuai.

            Pada materi kali ini, layouting berperan penting dalam memaksimalkan hasil desain agar memiliki hierarki garis informasi yang jelas. Terutama pada pembuatan poster yang berisikan informasi yang bermanfaat. Partisipan dibimbing untuk menentukan tujuan dan konten pembahasan yang jelas pada desain grafis, dan mengatur informasi agar nyaman dibaca oleh penerima.

            Acara terakhir adalah penutupan dan sesi foto bersama. Sama seperti pertemuan sebelumnya, pelatihan desain dilakukan dengan diskusi terbuka. Meskipun Pelatihan Desain Berseri telah usai, tidak menutup kemungkinan partisipan masih bisa melakukan diskusi dengan anggota ALUS lain baik di dalam maupun di luar forum. Dengan berakhirnya Pelatihan Desain Berseri, semoga materi yang telah diberikan oleh Mas Furqon bermanfaat bagi kita semua dan materi yang telah diterima dapat diimplementasikan baik dalam kegiatan kealusan maupun saat terjun di kehidupan bermasyarakat. Salam Anggota ALUS! Salam Literasi!

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda