Resensi Buku Meneladani Rasulullah dalam Berpuasa dan Berhari Raya - ALUS DIY

21 Mei 2021

Resensi Buku Meneladani Rasulullah dalam Berpuasa dan Berhari Raya

url: 1https://s1.bukalapak.com/img/60344247682/large/data.jpeg

 

Resensi buku meneladani rasulullah dalam berpuasa dan berhari raya

 

Awal

 

Buku yang saya bawa ini judulnya sesuai dengan keadaan bulan yang sedang kita lalui yaitu bulan ramadhan.

·        Buku ini ditulis oleh syaikh ali bin hasan bin ali al- halabi rahimahulah serta syaikh salim bin ied- al- hilali,

·       Diterbitkan ditahun 2016 dalam edisi ke 2 oleh pustaka imam asy- syafii, terdiri atas 248 halaman, harga sekitar rp. 40. 000- 50.000

Kita pahami bahwa

Telah selayaknya kita selaku kalangan muslimin dalam berpuasa serta berhari raya mencontoh serta meneladani apa yang rasulullah shallallahualaihi wa sallam ajarkan, mulai dari bagaimana berpuasa dengan benar baik dikala sahur, berbuka. Ataupun meninggalkan hal- hal yang dilarang selama berpuasa, serta masih banyak lagi (yang bisa dicermati didalam isi buku).

 

Buku ini menerangkan mengenai ramadhan serta dalam berhari raya dalam suatu pandangan kacamata syariat islam. Ada pula didalam penyajian di kitab ini, sudah memakai sumber dari al- quran serta as- sunnah dan ijma para sahabat. Tanpa menggunakan atsar para imam mazhab. Uraian lengkapnya dapat dibaca di buku ini.

 

Daftar isi

Buku ini terbagi menjadi 2 bagian, bagian yang pertama berisi tentang bab puasa dan yang kedua berisi dasar dasar berhari raya

 

Pertama

A.    Meneladani rasulullah dalam berpuasa,

Yang terdiri atas: keutamaan puasa, keutamaan bulan ramadhan, kewajiban dan larangan, hukum terkait bulan ramadhan dan puasanya, hal hal yang wajib dilakukan dan ditinggalkan oleh mereka yang berpuasa serta syarat syarat sebelum berhari raya.

Kedua

B. Meneladani rasulullah dalam berhari raya

Terdiri dari hukum hukum'' dalam berhari raya dengan nash yang shohih, mulai dari keutamaaan, kewajiban dan larangan, syarat syaratnya dan lainnya.

 

Kelebihan

Kelebihan dari buku ini adalah hukum fiqihnya yang lebih mengedepankan al quran dan sunnah serta ijma para sahabat nabi.  Pembahasannya bersifat netral, yakni bebas dari kekentalan pendapat berbagai madzhab dan imam tertentu.

Semuanya diuraikan secara ilmiah untuk memperkaya pemahaman pembaca, terdapat pembahasan tentang hadits hadits dhaif yang beredar pada bulan ramadhan serta memaparkan beberapa kebiasaan menyimpang yang terjadi pada hari raya.

Keistimewaan buku ini terletak pada kesimpulan tiap hukum serta fiqh yang dibahaskannya yang sangat jelas. Buku ini mengajak para pembaca melepaskan diri dari belenggu taksub kepada adat serta budaya yang menyelisihi agama. Di dalamnya penulis pula meningkatkan perbahasan tentang hadis- hadis dhaif yang tersebar pada bulan ramadhan dan menguraikan kebiasaan- kebiasaan warga yang menyimpang yang  terjalin pada hari raya.

Kekurangan

Kekurangannya ketika membaca buku ini adalah dari kita sendiri ya temen", apakah mau percaya dengan yang namanya kebenaran ataukah berdiam diri sembunyi didalam kubangan ketidakpahaman sebagai tholabul ilmi.

Kesimpulan

Kitab ini salah satu kitab yang wajib kalian punya sebagai salah satu pedoman seorang muslim.

Semoga kita terhindar dari dosa besar karena mengerjakan larangan dan perbuatan yang menyimpang.



Wahid Kurniaawan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda