ALUS STUDY TOUR 2022

 

Yogyakarta, 19 Maret 2022. Divisi Pengembangan Profesi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan baru saja mengadakan acara ALUS Study Tour. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Maret 2022  dengan 45 peserta  yang berasal dari seluruh anggota divisi Pengembangan Profesi (PP) dan beberapa dari divisi lain yaitu divisi  Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (PPM), divisi Pers,  divisi Keanggotaan, serta Pengurus Harian. Acara ini diadakan di dua museum yakni Benteng Vredeburg dan Monumen Jogja Kembali (Monjali).

ALUS Study Tour kali ini bekerja sama dengan WKM atau Wajib Kunjungan Museum oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan mengusung tema “Ayo ke Museum! Menjelajah Sejarah & Mengenal Budaya Lokal”, diharapkan teman-teman ALUS dapat berekreasi sambil belajar sejarah serta budaya lokal yang kita miliki melalui museum.  

Acara ALUS Study Tour diawali dengan mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Museum ini berlokasi di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Benteng ini merupakan salah satu bangunan di Yogyakarta yang menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta sejak Belanda masuk ke Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg terdiri dari IV Diorama dan masing-masing diorama ini menceritakan peristiwa-peristiwa sejarah khususnya di daerah Yogyakarta dan diorama ini saling berhubungan. 

ALUS Study Tour di Benteng Vredeburg ini dipandu oleh seorang tour guide. Beliau menjelaskan kepada kami tentang sejarah keraton dari zaman penjajahan khususnya penjajahan di Yogyakarta sampai keluarnya Jogja sebagai ibu kota negara. Di sana kita diajak untuk Monumen berkeliling dari diorama 1 sampai 3. Selain itu, kami juga diajak untuk melihat-lihat pameran yang sedang diadakan di dalam museum benteng Vredeburg ini. 

 

 

Setelah berkeliling Benteng Vredeburg, kami melanjutkan perjalanan ke Monumen Jogja Kembali (Monjali). Museum ini beralamat di Jl. Ring Road Utara, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Monjali ini memiliki bentuk yang unik seperti tumpeng  dan terdiri dari 3 lantai. Di museum Monumen Jogja Kembali ini kami dipandu oleh seorang tour guide. Sesampainya di museum Monjali kami diajak untuk menonton film Serangan Umum 1 Maret di dalam aula museum. Serangan Umum 1 Maret  sangat erat hubungannya dengan pembangunan Monumen Jogja Kembali ini karena monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa direbutnya kembali Kota Yogyakarta dari Belanda pada 29 Juni 1949. Setelah itu, kami diajak untuk berkeliling museum sambil  dielaskan oleh Ibu … tentang koleksi-koleksi yang ada di Monjali. Museum ini memiliki beberapa koleksi unggulan, antara lain replika pakaian militer, senjata api genggam, diorama Soeharto, serta tandu Jenderal Soedirman.

 

Dengan diadakannya ALUS Study Tour ini, diharapkan para anggota ALUS dapat berekreasi sambil  menambah wawasan mereka tentang peristiwa-peristiwa penting khususnya di Yogyakarta melalui kunjungan museum.

ALUS memberikan kenang-kenangan atas kerjasamanya kepada Dinas Kebudayaan berupa plakat, gantungan kunci, serta stiker ALUS.  Acara ALUS Study Tour 2022 berjalan dengan lancar dan sukses.

 

 

 


ALUS STUDY TOUR 2022 ALUS STUDY TOUR 2022 Reviewed by Alus DIY on Maret 22, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.