Nyari Buku via SMS???

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 05.12 with 1 comment
Handphone atau telepon genggam merupakan teknologi yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Namun, tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan t

eknologi ini dalam bidang perpustakaan.

Tim yang terdiri atas Andri Kurniawan (Pendidikan Teknik Informatika), Yusron Mubarok (Pendidikan Teknik Otomotif), dan Fajar Mubarok (Pendidikan Teknik Sipil) menyajikan makalah berjudul “Sistem Pencari Buku (Siriku), Implementasi Teknologi Informasi Berbasis SMS sebagai Fasilitas Tambahan di Perpustakaan.” Ide awal penulisan makalah didasari fakta bahwa telepon genggam telah menjadi bagian dari gaya hidup mahasiswa sebagai alat berkomunikasi dan menerima berbagai informasi.

Menurut Andri Kurniawan, Siriku sebagai aplikasi pencarian buku perpustakaan berbasis pesan singkat (SMS) ini terdiri dari sebuah komputer yang terhubung dengan modem. “Software pada komputer yang digunakan untuk menerima dan mengirim SMS adalah Visual Basic 6.0 sebagai program utama dan software MySQL sebagai database buku,” ungkap Andri, seperti dikutip dari situs UNY, Jumat (22/6/2012).

Program ini dapat menerima dan mengirim pesan singkat sebanyak 160 karakter. Setelah user mengirimkan SMS ke nomor ponsel server sesuai dengan kata kuncinya maka server akan langsung membalas SMS tersebut yang berupa informasi status buku itu ada, dipinjam atau tidak ada. "Jika buku tersebut tidak ada dalam database server maka server akan memberikan SMS balasan yang menjelaskan bahwa buku tersebut belum ada dan memberikan kata kunci lain untuk informasi buku," ujarnya menambahkan.

Hasil inovasi para mahasiswa ini berhasil menyabet juara pertama dalam Java Paper Competition 2102 yang diselenggarakan oleh UKM Student Scientific Center (SSC) FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum lama ini. Java Paper Competition 2012 merupakan salah satu bagian dari Scientific Vaganza yang pada tahun ini mengangkat tema “Be The Greet Scientific People Through Innovation and Technology”.

Java Paper Competition
merupakan kompetisi yang merangsang kreativitas pengembangan inovasi dan teknologi bagi mahasiswa PT  se-Jawa. Peserta mengirimkan karya tulis yang memaparkan bentuk penelitian kecil untuk diseleksi terlebih dahulu. Kemudian sepuluh peserta terbaik diundang ke Unnes untuk mempresentasikan hasil penelitian dengan membawa produk dan menunjukkan poster kepada juri yang telah ditentukan.(mrg)(rhs)

Dengan kemunculan teknologi-teknologi yang dan sistem yang semakin modern pada akhirnya akan semakin mempermudah akses kepada pengguna untuk memanfaatkan layanan di perpustakaan, disini terdapat peran bahwa untuk bissa mengembangkan perpustakaan tidak hanya di butuhkan seseorang yang mahir di dalam bidang ilmu perpustakaan saja, tetapi juga sangat membutuhkan seseorang yang mahir dalam bidang komputer (IT), dan lain-lain karena mekanisme kerja perpustakaan sekarang ini sudah mencakup semua aspek baik dari segi pelayanan langsung kepada pengguna maupun pelayanan berbasis Automasi dan Elektronik seperti E-Journal, Digital Library, OPAC, Website dan lain-lain.
untuk itu selain membutuhkan orang yang mahir dalam bidang tersebut paling tidak pustakawan mempelajari mengenai teknologi tersebut agar tidak ketinggalan jaman dan mengetahui misal seperti pengoperasiannya, troubleshootingnya dan lain-lain. [sbs/ed.]

Sumber