Pembinaan Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh


GUNUNGKIDUL (alus.diy.com) – Selama 1 pekan, (6-9 dan 13-15 juli 2012) Himpunan Mahasiswa Perpustakaan (alus) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi. DIY melakukan pembinaan terhadap Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Pembinaan ini dilakukan  terkait dengan hendak diajukannya Perpustakaan tersebut dalam Lomba Perpustakaan Desa Teladan Tingkat Nasional. Dalam pembinaan tersebut Himpunan Mahasiswa Perpustakaan diberikan kepercayaan untuk mendesign tata ruang perpustakaan mulai dari ruang pengolahan, baca, sampai ruang administrasi.

Sebagai puncaknya tanggal 6 Agustus 2012, Himpunan Mahasiswa Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga diberikan kesempatan untuk menghadiri undangan kedatangan Tim Penilai dari Perpustakaan Nasional. Bersama dengan warga masyarakat dan pamong desa, KPAD dan BPAD Provinsi DIY, himpunan Mahsiswa Perpustakaan menyambut hangat kedatangan Tim Penilai, adapun tim penilai terdiri dari 3 orang. Dalam kesempatan ini pula masyarakat setempat menampilkan berbagai kerajinan khas daerah Gunungkidul yang merupakan salah satu pengetahuan yang didapat melalui membaca buku-buku di Perpustakaan Desa tersebut.
Salah satu Pamong Desa mengatakan “Kami berharap dengan majunya Perpustakaan Desa Ngundi Kawruh ke tingkat nasional ini dapat mematahkan paradigma masyarakat yang selama ini menganggap Gunungkidul sebagai daerah terpencil yang sulit untuk mengenyam pendidikan. Kami berharap dengan adanya Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh ini dapat membantu masyarakat untuk lebih termotivasi dalam menuntut ilmu pengetahuan sehingga mampu menyejahterakan keluarganya melalui ilmu-ilmu yang diapat tersebu dan tentunya dapat menjadi Juara 1 sebagai Perpustakaan Desa Teladan Tingkat Nasional tahun ini”. ~ (blewahucky).
Pembinaan Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh Pembinaan Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh Reviewed by Alus DIY on Agustus 10, 2012 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.