TI untuk Perpustakaan

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 16.47 with No comments
Teknologi Informasi dewasa ini telah sangat berkembang bahkan kedalam setiap kehidupan kita mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi (-__-)9.
seiring perkembangan Perpustakaan, TI mulai menjamah dunia perpustakaan juga yang kemudian memunculkan sebuah terobosan-terobosan baru yang menjadikan perpustakaan lebih baik dari masa ke masa sepertiKatalog mengalami metamorfosa menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Koleksi perpustakaan juga mulai dialih mediakan ke bentuk elektronik yang lebih tidak memakan tempat dan, mudah ditemukan kembali. Sistem yang digunakan dalam mengelola perpustakaan adalah sistem otomasi perpustakaan (library automation system).

sebelum membicarakan mengenai TI di Perpustakaan, lebih baik jika kita berkenalaan dengan TI itu sendiri, TI itu sebenarnya apa sih ?
- TI merupakan hasil konvergensi (penggabungan) antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi.
- Teknologi komputer itu sendiri merupakan teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer.
- sedangkan Teknologi komunkasi/telekomunikasi merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, termasuk telekomunikasi yang kita gunakan sehari-hari. Misalnya: telephone, televisi, radio, handphone, dan lain-lain. 

Nahh,,,sudah tahu kan TI itu apa ?
sekarang bagaimana memanfaatkan IT untuk perpustakaan dan perangkat apa saja yang dibutuhkan ?

1.  Komputer
Komputer diperlukan untuk menerima dan mengolah data menjadi informasi secara cepat dan tepat. Perangkat komputer ini akan digunakan untuk menyimpan data koleksi buku, data anggota perpustakaan, dan OPAC (Online Public Accses Catalogue) atau bisa disebut sebagai katalog elektronik. Nahh dengan OPAC, para pelanggan perpustakaan bisa mencari informasi koleksi buku yang mereka butuhkan tanpa harus mencari secara langsung. Komputer itu juga bisa dikoneksikan ke internet.


2.  Internet
Di antara manfaat internet untuk pengelolaan perpustakaan adalah sebagai peranti untuk mengakses informasi multimedia dari internet, serta sebagai sarana telekomunikasi dan distribusi informasi. Koneksi internet juga bisa dimanfaatkan untuk membuat homepage perpustakaan, yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan katalog dan informasi.


3.  Software
Untuk mempermudah penyajian informasi, diperlukan software khusus untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Ada beberapa jenis software yang umum digunakan di perpustakaan berbasis IT baik yang berbasis offline maupun online (open source), di antaranya Athenaeum Light dan Freelib. Perangkat lain yang dibutuhkan antara lain : CD, DVD.

setelah meengatahui perangkat apa saja yang dibutuhkan, tentu kalian bertanya-tanya kenapa sih perpustaakaan harus menggunakan TI ?
jawabannya antara lain :

·      Mengatur informasi
·      Mengakses pangkalam data eksternal
·      Bertambahnya beban kerja
·      Perlunya efisiensi
·      Jasa dan fungsi baru
·      Jaringan kerja dan kooperasi
·      Alasan prestise(gengsi)






 
Categories: , , , ,