Manfaat Membaca

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 16.11 with 1 comment
Di zaman yang modern ini kita sadari kerjaan kita semakin banyak, kegiatan yang begitu padat bahkan 24 jam serta semakin canggihnya alat-alat gadget yang kita bawa sehari-hari, yang secara tidak sadar membuat orang-orang mulai jarang melirik buku atau bahkan membacanya. Sekarang ini, banyak orang yang lebih senang mengutak-atik gadget mereka, daripada membaca buku. Padahal, membaca buku tak hanya bisa memperluas wawasan dan pengetahuan kita, Membaca buku juga bermanfaat untuk kesehatan.

Hal itu diungkapkan para ilmuwan dari Oxford University. Mereka berpendapat membaca buku tidak hanya untuk kecerdasan, namun juga baik secara fisik dan psikologi. Menurut Profesor John Stein, membaca tak hanya mengikuti plot pasif, tapi juga menghadirkan imajinasi. "Kita merasa empati dengan karakter sehingga kita melalui semua pasang surut dengan mereka," kata Stein seperti dikutip dari GeniusBeauty. Selain itu, jika seseorang membaca buku tentang penciuman, rasa, atau gambar pemandangan, akan membuat bagian otak yang bertanggungjawab untuk persepsi akan mulai bekerja, seolah-olah itu terjadi dalam realitas.

Disamping itu, manfaat lainnya adalah, enam menit membaca juga bisa mengurangi tingkat stres sekitar dua pertiga. Tak cuma itu, membaca mampu membantu mengatasi stres lebih baik dibanding berjalan di alam atau mendengarkan musik dan dengan membaca buku juga akan bermanfaat dalam hal disiplin mental, seperti kemudahan perencanaan jangka panjang dan pengelolaan percakapan panjang tentang topik yang sama. Dengan begitu, alangkah pentingnya untuk menanamkan kecintaan membaca buku sejak kecil. 

selain itu, membaca buku teks lebih memiliki sensasi tersendiri ketimbang membaca buku elektronik atau ebook, bandingkan ketika anda membaca buku yang tebalnya 500 halaman dengan anda membaca buku elektronik di gadget anda selama 30 menit, tentu saja lebih menarik ketika anda membaca buku teks selain itu membaca di gadget anda bisa menimbulkan masalah pada mata anda. [Adm].
Categories: , , ,