Lima Fakta tentang Baca Buku

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 15.57 with 1 comment
Siapa yang suka baca buku ????
bagi yang suka baca buku perlu nih tau ini fakta tentang buku...
kalian tahu kan tingkat kelarisan  sebuah buku di pasaran itu gak cuma bergantung sama isi, harga, dan siapa penulis buku itu, tapi juga karna beberapa faktor yang mempengaruhi keterbacaan buku, di antaranya ukuran, genre buku, dan sudut pandang pembaca.

Majalah Tempo edisi 17 September 2012 mengungkapkan sejumlah fakta mengenai membaca buku, seperti dikutip dari Dailyinfographic dan Nowsourching.

Berikut ini fakta tentang buku:

1. Jenis buku
Jenis buku yang paling banyak dibaca adalah buku percintaan, motivasi, sastra, dewasa, fiksi ilmiah, buku resep masakan, buku sejarah, dan buku agama.

2. Jumlah halaman yang dibaca
Sebanyak 30 % pembaca akan menyelesaikan bacaannya sebelum halaman 50.
Sebanyak 87 % pembaca membaca buku mereka sampai dengan 300 halaman. 
Sebanyak 74 % Pembaca membaca hingga 400 halaman, dan apabila semakin tebal buku tersebut, maka semakin sedikitlah persentase orang yang tuntas membaca buku tersebut. kira-kira untuk buku yang tebalnya sekitar 700 halaman cuma dibaca sekitar 35 % pembaca.

3. Harga buku
Buku dengan harga US$ 0,99 atau sekitar Rp 9.400 berpotensi 12 X lebih banyak terjual karena hargaanya yang murah.
Adapun buku seharga US$ 3,99 (sekitar Rp 37.900) lebih banyak menghasilkan pendapatan karena harganya relatif umum dan biasanya isi bukunya berbobot sehingga banyak diminati orang.
Sementara buku seharga US$ 7,99 (sekitar Rp 75.900) berpotensi 5 X lebih banyak dibaca karena harganya yang mahal orang tentu berfikir 3X sebelum membeli buku mahal mereka akan mempertimbangkan apakah buku itu benar-benar penting (dibutuhkan) bagi mereka atau tidak.

4. Pembaca lelaki dan perempuan
Pria 10 kali lipat cenderung tertarik pada buku yang menampilkan tokoh protagonis laki-laki. Sementara perempuan cenderung menyelesaikan baca buku 50 % lebih banyak ketimbang pria.

5. Kebiasaan membaca
Mereka yang berusia di bawah 40 tahun memiliki rata-rata kecepatan membaca 48 halaman per jam, lama baca 12 menit, dan dalam sekali mampu membaca sampai 146 halaman.
Adapun mereka yang berusia di atas 40 tahun memiliki rata-rata kecepatan membaca 22 halaman per jam, lama baca 20 menit, dan mencapai 277 halaman dalam sekali baca.