Pengolahan Perpustakaan Istana Kepresidenan Yogyakarta

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 22.46 with No comments
 Kegiatan Pengolahan buku pada perpustakaan khusus yaitu Perpustakaan Istana Kepresidenan Yogyakarta atau biasa disebut dengan Gedung Agung yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan dalam pengolahan ini meliputi menentukan subjek buku dan melakukan klasifikasi dengan aturan Dewey Decimal Classification[1], entri data ke SLiMS (Senayan Library Management System), labeling, penempelan kantong buku serta pembuatan kartu buku dan shelving.
Pengolahan ini melibatkan dua institusi yaitu  Perpustakaaan Nasional RI ( Pak Nurcahyono ) dan Istana Kepresidenan Yogyakarta ( Ibu Nova ) dan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 21 - 23 Juli 2014 dimulai pukul 08.00 – 15.00 WIB di  ruangan Perpustakaan Istana Kepresidenan Yogyakarta yang berada di belakang museum terletak di lantai dua, dimana perpustakaan tersebut dapat terhubung dengan ruangan museum.
Kegiatan ini dilaksanakan karena kelengkapan buku-buku yang terdapat pada perpustakaan tersebut masih kurang dan terdapat buku baru belum diolah. Tujuan dari kegiatan pengolahan ini adalah untuk mempermudah akses koleksi dan temu kembali informasi di lingkungan Istana Negara Yogyakarta, sehingga kinerja didalam pemerintahan dapat berjalan dengan baik dengan memanfaatkan software SLiMS[2](Senayan Library Management System), dan shelving yang tepat. Selain itu, pengolahan ini juga untuk mengolah buku menurut aturan tertentu serta melengkapi perlengkapan buku pada setiap pustaka yang masih belum lengkap.
Kegiatan pengolahan ini berlangsung dengan sangat lancar karena dari pihak istana sudah menyiapkan segala keperluan dengan baik untuk pengolahan buku dan kami dari Alus Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan sudah melakukan pembagian tugas masing-masing, alhasil pengolahan ini sudah selesai sebelum waktu yang telah disepakati dari total pengerjaan tujuh hari dapat kami selesaikan dalam waktu tiga hari.
Dengan kegiatan ini, kita telah membantu Presiden dan jajarannya untuk menemukan informasi-informasi yang dibutuhkan di perpustakaan dengan cepat dan tepat sehingga dapat menambah wawasan serta dapat menunjang kinerja dari pemerintahan itu sendiri.



[1] http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/kargto/KLASIFIKASI%20Bahan%20Pustaka.pdf
[2] http://slims.web.id/download/docs/slims4dummies_edisi_revisi.pdf
Categories: