Pengolahan RFID BPAD DIY

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 03.57 with No comments
RFID adalah proses identifikasi melalui frekuensi gelombang radio. RFID menggunakan frekuensi radio untuk mengidentifikasi, membaca dan menyimpan sebuah data. Pengolahan RFID (Radio Frequency Identification) di BPAD DIY merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengolahan koleksi perpustakaan sebelum di layankan ke pemustaka. Kegiatan yang dilaksanakan sejak hari rabu, 02 Juli 2014 hingga sekarang ini dilakukan oleh para pustakawan dibantu oleh anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan di BPAD DIY unit badran I yang beralamat di Jalan Tentara Rakyat Mataram 4 Yogyakarta.

Kegiatan Pengolahan RFID bertujuan untuk mempermudah proses sirkulasi, pengelolaan koleksi, serta sebagai sistem keamanan pada koleksi perpustakaan. Dalam pengolahan koleksi berjumlah 40.000 eksemplar ini, anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan melakukan kegiatan sebagai berikut:
1.             Pengambilan Buku dari Rak
Pengambilan buku di rak dilakukan secara urut dari kiri ke kanan atau dari nomor buku terkecil ke yang terbesar oleh satu atau dua orang.
2.             Pemasangan Tattle Tape
Proses pemasangan Tattle Tape dilakukan oleh 2 orang dengan alat tattle tape RFID Berbentuk lembaran tipis dan panjang seperti benang diselimuti plastik tipis berwarna hijau.
3.             Pemasangan Label Barcode
Dengan tiga tempat yang berbeda pada punggung belakang sampul buku
4.             Scan Barcode
Scan barcode dilakukan oleh satu orang sesudah buku di pasang tattle tape dan label barcode.
5.             Pengembalian Buku ke Rak
Pengembalian buku ke rak juga dilakukan secara urut sesuai pengambilannya sesuai nomor kelas koleksi perpustakaan.



Categories: