PELATIHAN JURNALISTIK ALUS ASOSIASI MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 18.07 with No comments
Sebagai seorang mahasiswa pasti kita dituntut untuk menulis. Tulisan yang kita tulis itu dapat berupa tugas kuliah, essay, makalah dan lainnya. Sistematika penulisan karya-karya tersebut pun tidak bisa sembarangan seperti menulis cerpen atau catatan harian. Dalam rangka menambah pengetahuan tentang kepenulisan sebuah karya itulah kegiatan pelatihan jurnalistik yang bertema kiat-kiat menembus media diadakan.
Kegiatan ini diadakan oleh ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang mendatangkan narasumber  dari LPM Arena, yaitu Usman Hadi, Elisabeth Sutriningsih dan Yustinus Kumoro Dasutomo dari Lembaga Pelatihan Jurnalistik Bernas. Peserta dalam kegiatan ini pun bukan hanya dari ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan sendiri, tetapi untuk mahasiswa umum termasuk mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Gajah Mada dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam pelatihan jurnallistik ini. Bertempat di Ruang Pertemuan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu (15/11) pukul 09.00-13.00 WB.
Pelatihan Jurnalistik ini dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama dipaparkan oleh Usman Hadi tentang karya essay secara umum dan bagimana teknik menulis essay hinggar trik menembus media yang dimoderatori oleh Hendi Prasetyo. Pada sesi kedua, dipaparkan oleh Elisabeth Sutriningsih tentang jurnalistik, komunikasi dan media yang dilanjut paparan materi tentang menulis artikel di koran oleh Yustinus Kumoro Dasutomo yang dimoderatori oleh Nasirullah Sitam.
Kegiatan yang juga menghadirkan ALUStik ini bertujuan untuk menjadikan aktivitas menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan semangat menulis bagi mahasiswa, memberikan motivasi tentang kepenulisan di media massa, menumbuhkan potensi menulis karya ilmiah, serta menambah pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana teknik menulis yang baik agar dapat menembus media.
Categories: