Diskusi Kepustakawanan : Be Creative with Organization

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 23.24 with No comments


Dalam berorganisasi perkembangan dan kemajuan itu pasti perlu dan untuk menuju kepada dua hal itu diperlukan pula komponen-komponen lain dalam berorganisasi. Salah satu komponen itu adalah kreatifitas. Kreatifitas sangat diperlukan dalam berorganisasi agar organisasi terus berkembang dan maju seperti “Perpustakaan” yang dikatakan S.R. Ranganathan dalam five laws bahwa perpustakaan adalah organisasi yang terus berkembang. Pun juga dengan ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan merupakan organisasi sehingga juga harus terus berkembang dan maju. Untuk mencapai tujuan tersebut maka Divisi Pengembangan Profesi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan mengadakan kegiatan diskusi kepustakawanan dengan tema “Be Creative with Organization”. Berawal dari sebuah pertanyaan yang memunculkan gagasan baru dalam menghasilkan sebuah kreatifitas yang wow dan dalam sebuah argument harus didasarkan pada fakta dan data ilmiah secara real, begitu pemaparan Lalu Rudy Rustandi selaku panitia Dikusi Kepustakawanan mengenai tema diskusi yang diangkat.

Kegiatan Diskusi Kepustakwanan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2015 dan bertempat di Executive Lounge Café UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIB ini diisi dengan pemaparan materi oleh Fuad Wahyu Prabowo, SIP (Ketua Umum ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan periode 2013-2014) dan kemudian berlanjut dengan diskusi yang melibatkan seluruh jajaran anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan baik dari Demisioner, Pengurus Harian, Kepala dan Staff setiap divisi, serta para anggota baru. Diskusi ini sangat menarik dimana ada komunikasi antara pemateri dengan para peserta diskusi dan nilai plus dari kegiatan diskusi ini tampak lebih jelas saat Divisi Pers mewawancara peserta yang menghadiri kegiatan diskusi terutama para anggota baru dimana mereka sangat antusias dengan kegiatan ini serta harapan kedepannya kegiatan menarik dan bagus seperti ini bisa terus dikembangkan dan dilakukan. Begitu papar anggota baru yang diwawancara.

Kegiatan diskusi ini pun berakhir dipenghujung sore dengan rona semangat para peserta yang terlibat diskusi. Dengan bekal keilmuan mengenai kreatifitas yang sudah dibahas tentu para peserta lebih tahu bagaimana supaya ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang menjadi wadah mereka dalam berproses serta berkreatifitas  bisa semakin berkembang dan semakin maju.