Pustakawan Plus "Transformation of Information"




ALUS Asosiasi Mahasiswa mengadakan kegiatan Pustakawan Plus  “Transformation of Information” yaitu branding perpustakaan dan publick speaking pada tanggal 12 Desember 2015 di Teatrikal Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Kegiatan seperti ini penting dilakukan khususnya bagi para calon pustakawan. Para calon pustakawan dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dibidang ilmu perpustakaan, seperti social skill, dan teknologi. Selain memiliki skill para calon pustakawan atau pun pustakawan harus memiliki branding dan menguasai public speaking. Pertama, mengenai branding, hal ini penting karena sebagai pengelola informasi tentu harus mampu mengemas info secara menarik agar dapat dimanfaatkan oleh pengguna dari berbagai kalangan. Kedua, penguasaan public speaking penting dimiliki. Salah satunya dengan komunikasi yang baik dan dapat dipahami lawan bicara. Sehingga tugas pustakawan yang juga sebagai pendidik dan pengajar bisa terlaksana.

Dalam  kegiatan ini Puguh Dwi Kuncoro menyampaikan bahwa kita sebagai pustakawan haruslah mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik karena kedepannya kita dituntut mampu menjadi seorang pendidik serta pengajar. Tanpa adanya soft skill tersebut kita akan sulit menjadi pustakawan yang tidak hanya biasa-biasa saja dan kita tidak dapat mengenalkan pada masyarakat luas tentang perpustakaan. Hasilnya branding yang kita inginkan akan sulit tercapai. Branding inilah yang seharusnya memang sangat membutuhkan communication skill tersebut disamping kita memanfaatkan teknologi masa kini sesuai yang dipaparkan oleh Muhammad Furqon. Karena dengan branding tersebut masyarakat akan mengerti dan mengetahui keberadaan kita. 

Dari alasan-alasan yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini, ALUS berharap kegiatan ini dapat membantu kita membuka cakrawala pustakawan yang seharusnya mampu memanfaatkan teknologi masa kini dan mampu berkomunikasi dengan baik sehingga informasi yang hendak disampaikan dapat di terima informan dengan baik.

Maka atas dasar itulah ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan mengadakan kegiatan Pustakawan Plus dengan narasumber Muhammad furqon yakni pemateri mengenai branding perpustakaan (pustakawan) dan Puguh dwi kuncoro yakni pemateri public speaking (motivator IXD). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa ilmu perpustakaan, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab, dan pustakawan.

Sesi pertama kegiatan ini diawali dengan materi public speaking oleh puguh dwi kuncoro dan sesi kedua dilanjutkan dengan pelatihan branding perpustakaan oleh Muhammad Furqon. Dalam pelatihan ini peserta dituntut untuk  menjadi partisipan, sehingga peserta dapat langsung mengaplikasikan atau praktek akan materi  yang telah disampaikan. 

Harapan kedepannya sebagai hasil dari mengikuti kegiatan ini adalah para peserta mampu menyampaikan informasi atau memberikan informasi dan mampu berkomunikasi dengan baik.




Pustakawan Plus "Transformation of Information" Pustakawan Plus "Transformation of Information" Reviewed by Alus DIY on Maret 25, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.