Karnaval Launching Perpustakaan Grhatama Pustaka

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 10.07 with No comments


Tepat pada 19 Desember 2015, Perpustakaan Grhatama Pustaka mengadakan karnaval mengelilingi kota Jogja dengan rute dimulai dari depan gedung perpustakaan Grhatama Pustaka kearah timur perempatan Ring Road belok kiri, kearah utara sampai fly over Janti belok kiri kearah barat, pertigaan UIN Sunan Kalijaga belok kiri kearah jalan Timoho, pertigaan Kusumanegara belok kiri kearah timur sampai pertigaan Gedong Kuning belok kiri kemudian belok kanan mengikuti jalan sampai tiba di Gedung Perpustakaan Grhatama Pustaka.

Karnaval ini dilakukan dalam rangka Launching Perpustakaan Terbesar se-ASEAN yakni perpustakaan Grhatama Pustaka. Dalam karnaval ini, perpustakaan Grhatama Pustaka melibatkan berbagai komunitas yang beregrak dengan hal-hal yang terkait dengan literasi utamanya gerakan membaca. Diantara komunitas tersebut adalah ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, Sekolah Menulis Mata Aksara, TBM Kerai, dan lain sebagainya. Selian meriah dengan turut sertanya berbagai komunitas, acara juga diisi dengan beragam lomba seperti lomba mewarnai, lomba poster, lomba menulis huruf jawa, lomba menggambar, lomba macapat, lomba menulis cerita bahasa Jawa, dan lomba fotografi. Dalam acara ini, ada hal lain lagi yang juga sangat menarik yakni adanya pameran buku, pentas budaya, seminar nasional, dan pagelaran wayang kulit. 

Melihat beragam kegiatan dalam rangka Launching Perpustakaan Grhatam Pustaka tersebut, tentu ini sangat diapresiasi dan baik jika terus dilaksanakan agar perpustakaan semakin dikenal oleh masyarakat. Maka dalam hal ini, pejabat kota Yogyakarta juga mengambul peran penting dalam pengenalan perpustakaan terhadap masyarakat. Hal ini sudah dilakukan salah satunya dengan turut serta berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dengan demikian, tentu harapan kedepannya masyarakat semakin gemar berkunjung serta dapat mengakses informasi yang ada di perpustakaan dengan senang hati. Hal ini didukung dengan fasilitas perpustakaan dan pustakawan yang sudah sesuai standar yang berlaku dalam kebijakan pengolahan dan pengelola perpustakaan.