Pelatihan Jurnalistik "Pena Maya Bertapak"

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 10.21 with No comments


ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan pada hari sabtu (20/2) dengan bangga menyelenggarakan sebuah kegiatan pelatihan jurnalistik dengan mengangkat tema “Pena Maya Bertapak” yang mana bersamaan dengan peringatan Hari Pers Nasional. Pelatihan ini berlangsung di ruang Teatrikal Pusat dan Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga. Menurut ketua panitia, Rima Esni Nurdiana tema pada pelatihan jurnalistik ini mengambil hal-hal yang dekat dengan dunia anak muda seperti blog dan fotografi. Sehingga  dengan demikian, kegiatan ini dapat merangsang  minat tulis-menulis mahasiswa yang notabene sebagai kalangan anak muda pada masa kini dengan memanfaat teknologi yang semakin berkembang serta meningkatkan kreativitas mereka dalam memunggunakan kamera ponsel. 

Dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai prodi dan universiats di Yogyakarta. Selain  itu hadir pula perwakilan dari beberapa TBM di Yogyakarta. Sebagai penyemarak,  bersamaan dengan acara ini ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan menampilkan ALUSTIC serta mengadakan lomba foto ponsel yang diikuti oleh berbagai kalangan.

Kedua pembicara degan tema blog, yakni Nasirullah sitam dan Agus mulyadi keduanya menjelaskan tentang menulis di blog dimana menulis itu mudah tetapi yang sulit adalah konsisten dalam menulis itu sendiri. Selain itu dishare pula bagaimana tips dalam mengisi konten blog yang efektif dan efisien. Salah satu unsur yang dapat di masukkan adalah gambar. Masalah gambar ini oleh Agus Haryanto di paparkan trik dan tips dalam menggunakan ponsel sehingga mendapat foto yang berkualitas. 

Dengan diadakannya kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini, diharapkan peserta bisa terus menumbuhkan dan mengembangkan budaya menulis serta lebih kreatif dengan mengambil gambar disekitar dengan hal yang sederhana seperti ponsel.