ALUS Goes To School (AGTS) 2017

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 17.28 with No comments





Dikutip dari Tribunnews.com edisi 15/05/2017, berdasarkan studi Most Littered Nation in the World 2016 minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kita perlu meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. Bung Hatta pernah melontarkan kata-kata yang kemudian menjadi kutipan unggulannya, yaitu “Aku reladi penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bisa bebas”. Tidak hanya Bung Hatta yang secara khusus menempatkan membaca sebagai cara untuk membebaskan diri dari belenggu kebodohan, Bung Karno yang merupakan sahabat bung Hatta dan presiden pertama Indonesia tentu tidak terlahir dengan segudang pengetahuan luas akan kebangsaan, lengkap dengan jiwa kepemimpinan dan kemampuan berpidato yang berapi-api. H.O.S Tjokoroaminoto-lah yang memperkenalkan buku kepada Soekarno muda.


Dalam meningkatkan minat baca masyarakat ini tentunya dibutuhkan peran perpustakaan. Dengan perpustakaan akan tertolonglah masyarakat ekonomi lemah dalam mengakses informasi yang mereka perlukan.  Dalam kasus ini perpustakaan dapat dikatakan menjadi sarana mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sehingga dapat dikatakan bahwa keberadaan perpustakaan juga merupakan penghayatan falsafah Negara kita yaitu Pancasila.


Guna mewujudkan hal tersebut, ALUS DIY kembali menyelenggarakan AGTS (ALUS Goes to School) Jilid 5 dengan harapan dapat meningkatkan fungsi perpustakaan sekolah dan minat baca siswa serta minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan, pada Jum’at dan Sabtu (17-18/11/2-17). Kegiatan ini diadakan di 8 sekolah di 5 kota/kabupaten di DIY tepatnya di SD Siyono 3 Gunung Kidul, SD Timuran Kota Jogja, SD Sindet Bantul, SD Patalan Baru Bantul, SD Imogiri Bantul, SD Bakalan Bantul, SD Ngemplak Sleman, dan SD Karangsari 2 Kulon Progo. Kegiatan yang dilangsungkan meliputi story telling, games, pustakawankecil, dan perpustakaan keliling.