PELATIHAN OTOMASI PERPUSTAKAAN -SLiMS 2017


      Yogyakarta, 21 Oktober 2017- Library is a growing organism. Era informasi saat ini lembaga perpustakaan berlomba-lomba untuk mengintegrasikan perpustakaan dengan teknologi informasi untuk membangun perpustakaan digital supaya mudah di akses oleh masyarakat masa kini. Pengotomatisasian perpustakaan ini salah satunya yaitu dapat dilakukan dengan memanfaatkan software SLiMS (Senayan Library Management System). Sebagai generasi calon pustakawan muda  akan sangat membantu sekali jika sudah ditanamkan pengetahuan awal atau pengenalan SLiMS sejak awal. Oleh Karena Itu, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan melalui devisi Pengembangan Profesi (PP), mengadakan pelatihan otomasi perpustakaan  guna membantu kawan-kawan semua agar nantinya terbiasa dengan SLiMS (Otomasi perpustakaan).
       Pelatihan otomasi perpustakaan yang diadakan di Ruang perkuliahan (R-104) Fakultas Adab  dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan dipandu oleh kak Fajar Gumilar dan Kak Kunto Aji  ini diikuti oleh beberapa anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan terutama anggota muda.
       Tepat pukul 08.30 WIB, Kegiatan pelatihan dimulai dengan pengenalan SLiMS kepada seluruh anggota. Melanjut pada materi selanjutnya yaitu penginstallan software SLiMS pada laptop masing-masing peserta. Dengan perhatian penuh dan antusiasme yang tinggi para peserta mengikuti materi step by step sebagai mana  panduan dari kedua pemateri. Ketika tahap peng-install-an selesai, para peserta diminta untuk mengoperasikan SLiMS yang telah diinstal. Seperti meng-input buku, membuat kartu anggota,  menjalankan sirkulasi, mencetak barcode, dan lain sebagainya. 
       Pada pukul 13.00, melihat semua materi telah tersampaikan, acara pelatihan akhirnya ditutup dengan sesi foto bersama pemateri.

PELATIHAN OTOMASI PERPUSTAKAAN -SLiMS 2017 PELATIHAN OTOMASI PERPUSTAKAAN -SLiMS 2017 Reviewed by Alus DIY on November 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.