CITIZEN JOURNALISM, JURNALIS WARGA BERSAMA ALUS DIY BELAJAR MEMBUAT VIDEO LIPUTAN

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 07.35 with No comments





Sabtu, 24 Februari 2018, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan melalui Divisi Pers mengadakan pelatihan jurnalistik di Gedung  Sasana Widya Parwa Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bantul, Yogyakarta dengan tema “Citizen Journalism: belajar membuat video liputan”. Acara pelatihan ini dihadiri oleh 40 Peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta dan di luar daerah kota yogyakarta serta beberapa Demisioner ALUS DIY.

Bersama Kak Aji Sukma, Seorang Citizen Journalist NET.TV, Acara yang berlangsung mulai pukul 09.30 ini dilaksanakan dengan sambutan-sambutan yang disambung dengan pengenalan citizen journalism oleh kak Aji. Dalam pengenalan Citizen Journalist (Jurnalis warga) atau yang sering disebut dengan CJ, kak Aji memberi tahukan beberapa syarat ketika kita menjadi CJ. Diantaranya yaitu bahwa kita tidak boleh melanggar etika jurnalistik, hindari asumsi atau opini sendiri ketika menyebarkan berita yang bisa menyebabkan fitnah, tidak menuliskan sesuatu yang dapat menghancurkan reputasi orang lain, dan tidak boleh memaksakan orang untuk menjadi narasumber berita kita serta yang pasti berita harus memuat 5W+1H.

Nah, untuk tips suksesnya wawancara yang aman buat kita dan kemungkinan besar untuk kita bisa mendapatkan berita dari narasumber adalah jangan pernah memperkenalkan diri anda berasal dari suatu media atau mengatas namakan media ketika hendak melakukan aktifitas CJ. Karena anda memang bukan dari media tersebut dan CJ ini merupakan kepentingan anda sendiri.

Berbagai jenis berita yang dapat di liput oleh CJ-pun di jelaskan dalam sesi penyampaian materi ini. Seperti Public Affair, bisnis, inspiring, kuliner, moment atau peristiwa dan lain sebagainya. Tak lupa cara penulisan narasi yang bisa kita kirim juga tersampaikan oleh kak Aji.

Setelah penyampaian materi dan ditambah dengan pengenalan software untuk edit video, Peserta di arahkan panitia untuk terbagi kedalam beberapa 8 kelompok guna melaksanakan praktek take video dan nantinya diedit masing-masing pribadi. Walaupun pengeditan pribadi namun dalam kelompok hanya video yang disepakati kelompok yang dapat diajukan untuk dilombakan dalam acara ini.

Sekitar pukul 15.30 WIB, acara pelatihan jurnalistik berakhir dengan pemberian hadiah pada para pemenang lomba video liputan dan kepada beberapa peserta aktif. Kemudian disambung dengan pemberian kenang-kenangan kepada Kak Aji Sukma yang berlanjut kepada sesi foto bersama seluruh panitia, peserta dan tentunya bersama pemateri.

Setelah terlaksananya acara pelatihan jurnalistik kali ini, dari pihak ALUS DIY berharap para peserta dapat terbantu untuk mendalami dunia CJ kedepannya dan tidak minder menjadi CJ pemula.

Sebagai tambahan kak Aji membagikan kriteria berita yang biasanya disukai NET.TV, MetroTV dan TVRI. Untuk NET.TV (www.netcj.co.id)  berita dengan  model “Jaman Now” lebih disukai, Untuk TVRI ini lebih membebaskan berita dan jenisnya apapun kemungkinan bisa tayang, terkahir untuk berita yang disuaki Trans7 yaitu berita-berita yang unik.