[ALUS NGOLAH] PENGOLAHAN DI PUSTAKA DESA WUKIRSARI

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 06.26 with 1 comment
Saat pengolahan

Pengolahan perpustakaan merupakan wujud kontribusi Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (ALUS DIY ) dalam pengembangan perpustakaan tingkat desa. Hal ini juga salah satu bentuk rasa cinta ALUS DIY dalam proses pengabdian untuk masyarakat. Selama kurang lebih 2 bulan
anggota ALUS DIY mampu mengolah pusdes ini menjadi lebih baik. ALUS DIY mengolah sekitar 5000 eksemplar yang terdiri dari koleksi anak, fiksi, non fiksi, referensi, dan serial. Kegiatan pengolahan dimulai dari memberi cap pada buku, klasifikasi, inventaris, input ke slims, labeling hingga shelving. Dalam hal ini, Ilmu yang didapat di perkuliahan dapat langsung dipraktikkan di lapangan sehingga diharapkan mampu meningkatkan keahlian mahasiswa.

Proses Pengolahan

            Tahun 2018 ini, Setelah melalui proses yang sangat panjang, dari lomba tingkat kabupaten, provinsi dan akreditasi, Pustaka Desa Wukrsari dipercaya mewakili Provinsi DIY dalam lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional. Alhamdulillah berkat usaha yang maksimal Pustaka Desa Wukirsari dapat menyabet Juara III se Indonesia. 


author: Rokhma