RAKER (Rapat Kerja) ALUS DIY Periode 2018/2019

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 20.42 with 1 comment

Minggu (26/08/2018), telah diadakan Raker (Rapat Kerja) kepengurusan periode 2018/2019 di Joglo Mavista, Jl. Ronodigdayan 53, Bausasran mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore. Sebelumnya telah diadakan rapat untuk persiapan Raker pada Sabtu, 25 Agustus 2018 di Selasar Conventional Hall (CH) UIN Sunan Kalijaga. Raker dilaksanakan untuk membahas rancangan program kerja yang akan dilaksanakan pada satu periode ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan DIY, mulai dari tanggal/waktu pelaksanaan maupun bagaimana gambaran dari program kerja masing-masing divisi.
Pertama, Pengurus Harian (PH)  menjelaskan struktur organisasi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perputakaan DIY Periode 2018/2019 dan Program Kerja dari Pengurus Harian (PH) baik yang sudah terlaksana maupun yang belum terlaksana. Proker yang sudah terlaksana yaitu Pelantikan & Upgrading serta Rapat Kerja yang sedang terlaksana. Sedangkan Program Kerja dari PH yang belum terlaksana yakni Rapat 3 bulanan, Rapat Tengah Tahun, Pembuatan Seragam & KTA, Alus Speak Up, dan Launching Mars ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan DIY.
Kedua, dilanjutkan pemaparan dari tiap divisi, dengan memaparkan struktur keanggotaan tiap divisi dan program kerja yang termasuk proker maupun non proker. Dari divisi Keanggotaan, proker yang akan dilaksanakan dekat-dekat ini yaitu PAB (Pendaftaran Anggota Baru), meliputi Sosialisasi Organisasi dan Tahap Wawancara anggota baru yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. Anggota baru yang telah terdaftar akan menjalani Makrab pada tanggal 6-7 Oktober 2018. Dan program kerja terakhir dari divisi ini adalah perayaan Ulang tahun ke 12 ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan DIY. Selain itu kegiatan non proker yang akan dilaksanakan dari divisi keanggotaan yaitu Kumpul rutin anggota, Alus Piknik, dan Alus Peek a Book.
Kemudian dari Divisi Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) menjelaskan tentang proker yang akan dilaksanakan yaitu Alus Goes to School (AGTS) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan November di DIY dan Jawa Tengah dan Jogja Membaca 8 pada bulan April. Dari divisi ini menambahkan program diluar proker yakni Pengolahan perpustakaan dan Lapak Baca. Pada periode ini telah terlaksana 2 kali pengolahan perpustakaan di Perpustakaan Desa Wukirsari dan Perpustakaan SMA N 1 Banguntapan.
Dari divisi Pengembangan Profesi (PP), proker yang akan mereka adakan adalah Alus Study Tour yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari, Pustakawan Plus dengan mengambil tema tentang pengolahan manuskrip, Pelatihan Slims yang akan diadakan selama 3 kali pada periode ini, dan diskusi kepustakawanan.
Terakhir dari Divisi Pers. Program Kerja yang telah terlaksana pada periode ini adalah pengelolaan sosmed berupa upload ucapan hari-hari besar baik nasional maupun internasional dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan DIY, Pelatihan Jurnalistik yang akan dilaksanakan bulan Februari, Kabar Alus, dan Video Tahunan. Non proker dari divisi pers membuat bulletin sebanyak 2 kali dalam 1 periode.
Semoga kedepannya setiap program dari setiap divisi maupun PH dapat terlaksana dengan lancar, dan semoga setiap acara yang dilaksanakan dapat menambah keharmonisan di organisasi ALUS DIY. Salam Literasi!

Author : Dewi