Penerimaan Anggota Baru ALUS DIY 2018

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 10.05 with No comments

Musim tahun ajaran baru adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru yang  telah selesai melaksanakan berbagai macam rangkaian tes di perguruan tinggi manapun, baik negeri maupun swasta, tidak ketinggalan juga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah semua mahasiswa baru ditetapkan sebagai mahasiswa resmi sebuah perguruan tinggi, akan muncul berbagai tawaran untuk ikut atau bergabung di sebuah UKM (Unit Kerja Mahasiswa), organisasi internal dan external, atau komunitas lain yang berada dilingkungan kampus.
Tidak mau ketinggalan ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Pepustakaan DIY juga mencari bakal calon penerus atau anggota muda ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Pepustakaan yang disebut dengan masa PAB (Penerimaan Anggota Baru). Sasaran anggota adalah mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan baik itu S1 ataupun D3 di DIY, entah itu mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Kenapa? Karena ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Pepustakaan sendiri adalah sebuah asosiasi mahasiswa yang bergerak di bidang literasi, yang memiliki 4 divisi yakni Divisi Pers, Divisi PPM (Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat) , Divisi PP (Pengembangan Profesi) dan divisi Keanggotaan.
Tahun ajaran 2018/2019 ini semua pengurus dan anggota bekerja sama untuk menarik sebanyak-banyaknya anggota muda. Dengan visi yang sama namun kepemimpinan berbeda disetiap tahun. Kegiatan PAB ini merupakan program kerja rutin bahkan wajib dari salah satu divisi yang ada di ALUS, yakni Divisi Keanggotaan. Divisi keanggotaan selalu rutin melaksanakan program kerja terseut. Dengan didampingi oleh pengurus harian, penerimaan anggota baru diawali dengan membuka stand pendaftaran di lobi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 14 September 2018. Selama kurang lebih 11 hari tersebut, tercatat sudah ada 61 mahasiswa yang mendaftar terdiri dari mahasiswa baru, mahasiswa semester 3, dan semester 5 .
Syarat untuk ikut bergabung pun cukup mudah, pertama peserta harus mendaftar dengan mengisi formulir serta membayar Rp 5.000,- saja. Kemudian yang kedua mengumpulkan karya salah satu dari fotografi / puisi / essay. Setelah mereka mendaftar maka mereka akan masuk ke tahap selanjutnya yakni sesi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 di depan gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.

author: Isna