RAKER (Rapat Kerja) ALUS DIY Periode 2020/2021

Posted by Alus DIY on 22.07 with 6 comments



Minggu (18/10/2020), telah diadakan Raker (Rapat Kerja) kepengurusan periode 2020/2021 dimulai pukul 09.00 WIB  hingga pukul 15.00 WIB yang dilaksanakan secara virtual via ZOOM. Sebelumnya telah diadakan rapat untuk persiapan Raker pada Minggu (11/10/2020) yang juga dilakukan secara virtual via ZOOM. Raker dilaksanakan untuk membahas rancangan program kerja yang akan dilaksanakan pada satu periode ALUS (Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan) DIY, mulai dari tanggal/waktu pelaksanaan maupun bagaimana gambaran dari program kerja masing-masing divisi.

Pertama, Pengurus Harian (PH) menjelaskan struktur organisasi ALUS (Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan) DIY periode 2020/2021 dan Program Kerja dari Pengurus Harian (PH) baik yang sudah terlaksana maupun yang belum. Proker yang sudah terlaksana yaitu Pelantikan dan Upgrading serta Rapat Kerja yang sedang terlaksana. Sedangkan Program Kerja dari PH yang belum terlaksana yaitu Rapat 3 Bulanan, Pembuatan seragam dan KTA, Rapat 6 Bulanan, Alus Speak Up dan RAK (Rapat Akhir Kepengurusan).

Kedua, dilanjutkan pemaparan dari tiap divisi, setiap divisi memaparkan struktur keanggotaan tiap divisi dan program kerja baik yang masuk Proker maupun Non Proker. Dari Divisi Keanggotaan, proker yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini yaitu PAB (Penerimaan Anggota Baru), meliputi Sosialisasi Organisasi dan Tahap Wawancara anggota baru yang akan dilakukan ssecara virtual. Untuk pendaftaran dimulai tanggal 17-24 Oktober 2020. Sementara itu, proker yang belum terlaksana yaitu Makrab, Ulang Tahun ALUS ke-14, untuk yang Non Proker yaitu Srawung Virtual, dan Sharing Session.

Kemudian dari Divisi Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) menjelaskan tentang proker yang akan dilaksanakan yaitu ALUS Goes to School (AGTS) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual dengan sasaran siswa SMA, Jogja Membaca #10, dan untuk kegiatan Non Proker yaitu Arisan Buku.

Dari Divisi Pengembangan Profesi (PP), proker yang akan dilaksanakan yaitu Otomasi yang akan dilaksanakan pada bulan November 2020, Pustakawan Plus yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2021, dan ALUS Virtual Study yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Untuk kegiatan Non Proker ada Diskusi Kepustakawanan dan Otomasi Jilid II.

Terakhir dari Divisi Pers, dengan proker yang sudah terlaksana yaitu pengelolaan sosmed berupa upload ucapan hari-hari besar baik nasional maupun internasional dan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh ALUS DIY, kemudian ada Design Campign yang terdiri dari dua kegiatan yaitu Yuk Corelan dan Videography, Workshop Kejurnalistikan, serta Quotes dan Blog.

Semoga setiap program kerja dari PH maupun setiap divisi terlaksana dengan baik dan lancar, dan semoga dapat menambah keharmonisan dalam keluarga besar ALUS DIY. Salam Literasi!