Hari Keakraban dan Pengukuhan Anggota Muda ALUS 2020-2021 : Tetap Akrab Walau Terpisah Jarak

Posted by Alus DIY on 22.57 with 1 comment


Dalam rangka menyambut Anggota Muda ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan 2020, Divisi Keanggotaan mengadakan Hakrab atau Hari Keakraban guna membangun kekeluargaan di antara anggota ALUS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020 via virtual yaitu melalui Zoom meeting dan juga live streaming di youtube, dengan tema “Tetap Akrab Walau Terpisah Jarak”. Tema ini dipilih dengan harapan setelah anggota muda bergabung dengan ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, dapat menjalin keakraban besama dengan anggota ALUS lama walaupun terpisah jarak dikarenakan pandemic Covid-19 ini, yang mengharuskan untuk menerapkan sosial distancing. Acara ini tidak hanya diikuti oleh Divisi Keanggotaan dan Anggota Muda saja, tetapi semua anggota divisi ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan demisioner .

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh MC, kemudian di lanjutkan dengan sambutan dari Ketua umun ALUS dan sambutan dari Demisioner. Acara berikutnya adalah pengenalan Divisi dan Pengurus Harian. Dalam Pengenalan Divisi ini diharapkan dapat memberi pemahaman lebih lanjut tentang setiap Divisi di ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan kepada anggota muda. Dilanjutkan dengan materi Kealusan oleh demisioner. Materi yang pertama disampaikan oleh Pak Jhondy mengenai personal barnding dan motivasi untuk semangat dalam berorganisasi. Materi yang kedua disampaikan oleh Pak Wahid mengenai sejarah ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan.



Acara selanjutnya adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh anggota muda, yaitu pengumunan pembagian Divisi yang dibacakan oleh Ketua umum ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Setelahnya dilanjutkan dengan pengukuhan anggota muda dengan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Mas Rizki Agus Priyatno selaku Demisioner, pada saat ikrar, anggota muda wajib membawa dan menyalakan lilin agar memberikan kesan kepada anggota muda. Dengan dilantiknya anggota, berarti anggota muda dinyatakan secara resmi menjadi bagian dari ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan.

Acara yang terakhir adalah penutup, sebelum acara ditutup ada sesi foto bersama dengan seluruh partisipan. Selanjutnya setelah penutupan , setiap anggota Muda akan ikut Focus group discussion di setiap divisi sesuai yang telah diumumkan yang dilakukan via Zoom oleh masing-masing divisi.

Setelah kegiatan Hari Keakraban ini harapannya semoga Keluarga ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan semakin erat dan mampu mengabdi kepada masyarakat. Semoga seluruh anggota dapat belajar dan berproses bersama. Salam Keluarga ALUS! Salam Literasi!!