AGTS (ALUS Goes to School) 2020

Pada hari Sabtu tanggal 12 Desember 2020, ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan melaksanakan salah satu program kerja divisi PPM yaitu AGTS (ALUS Goes To Scohool). AGTS kali ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini diadakan dibeberapa SD atau SMP yang ada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun, karena suasana pandemi, maka AGTS  dilakukan secara daring dengan kegiatan webinar bersama SMA N 1 Jetis dengan mengangkat tema “Memacu Literasi dengan Teknologi : Pemanfaaatan Media Digital sebagai Media Informasi”. Webinar ini diadakan via Zoom dan live Youtube yang diikuti oleh siswa- siswi SMA N 1 Jetis dan anggota internal ALUS.  Webinar dipandu oleh MC Daliah Mutiara, anggota divisi PPM ALUS DIY. Moderatornya ialah Amara Dwinda Asmarani. Amara juga merupakan anggota divisi PPM ALUS DIY.

Narasumber pertama dalam webinar ini ialah Kak Ermawati (Mell Shaliha) dengan nama pena Kak Mel merupakan novelis dan Runner Up Duta Baca DIY 2020. Pada kesempatan webinar ini beliau memaparkan tentang “Apa manfaat dan resiko penggunaan teknologi digital, dan infografik tentang literasi digital. Pembelajaran di era Industri 4.0, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi milenial dan juga Tantangan Literasi Digital”.

Sedangkan narasumber kedua, Bapak Hendi Prasetyo, SIP., M. Par. Pak Hendi merupakan demisioner ALUS DIY, dan sekarang beliau menjadi dosen di STIPRAM. Pada kesempatan ini beliau memberi materi tentang  “Media Sosial; Media belajar, sumber belajar dan pemanfaatan media digital sebagai sumber pelajaran; Game based learning (Pembelajaran berbasis permainan)”.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta, baik via zoom maupun via youtube. Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak. Peserta diharapkan mendapat bekal untuk menyesuaikan diri terhadap  peran perpustakaan di era dan pasca pandemi ini.

 

AGTS (ALUS Goes to School) 2020 AGTS (ALUS Goes to School) 2020 Reviewed by Alus DIY on Desember 12, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.