PERS ON JURNALISTIC: "Develop You Creative Soul with Fun Podcast"



Yogyakarta, 14 Februari 2022. Divisi Pers ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan baru saja mengadakan acara tahunan yaitu kejurnalistikan. Acara jurnalisk ini diadakan selama dua hari, yakni tanggal 12 dan 13 Februari 2022. Dengan mengusung tema “Develop Your Creative Soul With Fun Podcast”. Maraknya perkembangan digital saat ini podcast menjadi salah satu pembahasan yang sering dibicarakan di khalayak luas, hal itu membuat panitia tertarik dengan pembahasan podcast pada acara kali ini. Dari acara webinar ini panitia bermaksud mengenalkan podcast yang menarik dan menyenangkan yang diminati oleh kalangan muda saat ini.

Pada tanggal 12 Februari 2022 panitia menyelenggarakan webinar yang dilakukan secara online atau daring dan dihadiri kurang lebih 60 peserta. Dengan menghadirkan narasumber yang sangat ramah dan paham tentang podcast yaitu Dimas Putra Mandegani. Seorang pemilik podcast mendengar dan seorang penyiar radio di radio Unisi FM Yogyakarta. Ia menjelaskan apa arti dari podcast dan dimana saja kita dapat mengunggah podcast agar bisa didengar oleh semua orang. Tidak hanya itu saja beliau juga membuka sesi tanya jawab apabila ada peserta ada yang belum paham.

Kegiatan selanjutnya diadakan di tanggal 13 Februari 2022 yaitu berkunjung ke salah satu radio di Yogyakarta. Radio tersebut adalah Saka FM. Mengapa memilih radio? Karena kegiatan sebelumnya sangat berkaitan dengan radio yakni podcast. Kegiatan ini hanya diikuti oleh anggota divisi pers dengan maksud agar divisi pers dapat langsung mempraktikkan hasil dari webinar. Dalam kesempatan ini kami tidak mencoba untuk mengisi suara di radio tersebut. Dikarenakan tempat yang hanya tersedia satu studio. Tidak merasa kecewa anggota divisi pers sangat antusias mengikuti acara kunjungan kali ini. Pasalnya mereka diperbolehkan menanyakan hal apapun tentang radio. Pertanyaan yang diajukan pun sangat bermanfaat seperti halnya sejarah dari saka fm, dan teknik-teknik pembawaan yang harus dilakukan pada saat on air radio. ALUS sangat disambut baik oleh pihak pengurus dari Saka FM. Hal ini membuat divisi pers ALUS  mendapat pengalaman yang sangat menarik dan jaringan silaturahmi dengan pihak radio.


PERS ON JURNALISTIC: "Develop You Creative Soul with Fun Podcast" PERS ON JURNALISTIC: "Develop You Creative Soul with Fun Podcast" Reviewed by Alus DIY on Februari 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.