ALUS Goes to School X SMA N 1 Sleman

Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

Alus Goes to School SMA N 1 Sleman


Yogyakarta, 15 Oktober 2022. ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan berhasil menggelar ALUS Goes to School 2022. Program kerja tahunan Divisi Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2022 bertempat di SMA Negeri 1 Sleman. Kegiatan ALUS Goes to School 2022 mengusung tema “Relevansi Kecakapan Abad 21 dengan Literasi”, diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 11 SMA Negeri 1 Sleman dan Duta Pustaka. Rangkaian kegiatan ALUS Goes to School 2022 dimulai dari pelaksanaan lomba microblogging yang dilaksanakan mulai tanggal 19 September 2022 sampai dengan 13 Oktober 2022 yang akan diambil tiga karya terbaik dan diumumkan pada hari-H kegiatan. Isi microblog memuat tentang literasi dan urgensinya dengan pembentukan kecakapan abad 21.  

Pada hari-H pelaksanaan ALUS Goes to School 2022, yakni hari Sabtu, 15 Oktober 2022, dihadiri oleh Kepala SMA Negeri 1 Sleman, Fadmiyati, S.Pd. M.Pd., Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Sleman, Ida Riyanti, S.Pd., serta beberapa jajaran staf perpustakaan. Talkshow literasi digelar bersama narasumber kompeten pada bidang literasi dan perpustakaan, Arda Putri Winata, M. A. Beliau merupakan seorang pustakawan berprestasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sekaligus Tim Trainer LI Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Topik yang dibahas dalam talkshow tersebut sesuai dengan tema kegiatan ALUS Goes to School 2022. Kegiatan talkshow berjalan dengan seru dan penuh antusias dari para audience karena diselingi dengan kuis kreatif menggunakan website kahoot.

Tidak hanya itu, sharing session juga diselenggarakan bersama Jefri Wisnu Murti (Ketua Umum ALUS DIY) dan Fadlan Agustina Firdaus (Ketua Divisi PPM Periode 2021/2022), membahas tentang urgensi duta pustaka sebagai sarana untuk mengembangkan minat literasi pada lingkup sekolah. Dari sesi talkshow dan sharing session ini diadakan sesi tanya jawab yang mengupas tuntas terkait literasi, informasi, dan perpustakaan. Juga terdapat doorprize menarik untuk beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan. Sesi terakhir dari kegiatan ALUS Goes to School 2022 adalah pengumuman tiga karya terbaik lomba microblogging. Juara 1 dimenangkan oleh Afifa Kirana Larasati (siswi kelas XI MIPA 4), juara 2 Riski Nur Ikhsan (siswa kelas XI IPS 1), dan juara 3 Anisa Salsabila (siswi kelas X MIPA 5). Begitulah ALUS Goes to School 2022 berlangsung. Sampai ketemu di tahun berikutnya. Literasi Beraksi!!!

ALUS Goes to School X SMA N 1 Sleman ALUS Goes to School X SMA N 1 Sleman Reviewed by Alus DIY on Oktober 16, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.