JOGJA MEMBACA #12

Kegiatan Jogja Membaca ke-12: Peresmian Taman Baca Masyarakat Purbasari


Yogyakarta, 26 Februari 2023

Agenda kedua dari rangkaian acara puncak Jogja Membaca #12 kali ini yaitu talkshow dan peresmian Taman Baca Purbasari. Talkshow kali ini mengangkat tema "Budaya Literasi dalam Transformasi Kompetisi Ekonomi Kreatif" dengan menggandeng dua narasumber yaitu Galuh Alif Fahmi Rizki dan Maximilianus Prastowo. 

Kegiatan Jogja Membaca #12 kali ini dibuka dengan berdoa bersama, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa sambutan juga disampaikan oleh Ketua Panitia, Ketua Alus, Kepala Kampung Sindurejan, Wakil Kepala Kelurahan Patangpuluhan, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat peresmian Taman Baca Purbasari diterima oleh Kepala Kampung Sindurejan sebagai simbolis. 

Setelah acara peresmian Taman Baca, dilanjutkan dengan Talkshow bersama narasumber yang ditemani oleh Eka Daniela Yasmin sebagai moderator, anggota Alus. Acara Talkshow dimulai dengan pemaparan materi oleh Mas Galuh Alif Fahmi Rizki.

Pada kesempatan kali ini Mas Galuh menyampaikan tentang "Pentingnya Literasi dalam Pengembangan Usaha". Beliau menegaskan tentang pentingnya mengetahui kebijakan-kebijakan dalam usaha seperti memiliki legalitas usaha melalui OSS. Beliau juga menyampaikan bahwa seorang wirausahawan seharusnya bisa melihat trend yang sedang marak dibicarakan masyarakat. Hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan literasi seperti membaca berita. Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya literasi sangatlah penting bagi orang-orang yang ingin mengembangkan usahanya.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Mas Maximilianus Prastowo. Beliau membawakan materi dengan tema "Branding Usaha Via Digital Marketing". Beliau menyampaikan bahwa branding usaha melalui digital marketing sangatlah strategis untuk saat ini. Para wirausahawan harus memikirkan bagaimana untuk memperkenalkan diri, membuat target pasar tertarik sehingga mampu membuat pembeli menjadi pelanggan.

Salah Satu warga yang mempunyai usaha di bidang  peternakan memberikan tanggapan tentang usaha yg dimilikinya terkait dengan branding. Pemateri mengusulkan bahwa promosi bisa melalui media sosial. Karena akses di kota untuk pertanian itu sedikit susah, jadi topik dapat ditekankan kepada art yg mempunyai usaha. Yaitu fokus pada bagaimana mengembangkan usaha agar pelanggan tertarik dengan produk yang diusahakan.

Harapannya semoga dengan adanya diskusi ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan bapak ibu di sindurejan dalam mengembangkan usahanya, sehingga menjadikan usahanya semakin maju. 

Begitulah Jogja Membaca #12 berlangsung. Sampai ketemu di Jogja Membaca session 13 yaw😉 dan SALAM LITERASI!!

JM #12 "Bersama literasi mewujudkan ekonomi kreatif".



JOGJA MEMBACA #12 JOGJA MEMBACA #12 Reviewed by Alus DIY on April 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.