Perpustakaan Soeman HS Riau, Jadi Media Centre PON XVIII

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 07.22 with 1 comment
Panitia Besar PON XVIII Provinsi Riau akhirnya menetapkan perpustakaan Soeman HS sebagai lokasi media center utama (MMC) setelah sebelumnya direncanakan di gedung baru Bank Riau Kepri. “Gedung Perpustakaan Wilayah Soeman HS, kita pilih dengan pertimbangan sebagai salah satu ikon terbaik dan terindah disain arsitekturnya bagi bangunan gedung-gedung yang dimiliki oleh Pemprov Riau di Kota Pekanbaru,” kata Humas PB PON XVIII Provinsi Riau yang juga Penanggung Jawab Pelaksana Teknis Kegiatan 18 Media Centre PB PON Ir Nurul Huda MH di Pekanbaru, Kamis (16/8).
Ia menjelaskan, Ketua IV PB PON telah memberikan petunjuk kepada Ketua Bidang PPM dan staf agar segera dan secepat mungkin memindahkan MMC dari rencana semula di Gedung Bank Riau yang baru yang bersebelahan dengan Kantor Gubernur ke Gedung Perpustakaan Wilayah Soeman HS.Pemindahan itu terkesan mendadak dan sudah mendekati pelaksanaan dan terpaksa dilakukan. Namun gedung Soeman HS diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wartawan dan media peliput pada perhelatan Akbar kegiatan olah raga terbesar yang dilakukan empat tahun sekali di Indonesia itu.
Menurut Nurul, awalnya banyak alternatif pelaksanaan MMC setelah ada kepastian pemindahan dari Bank Riau Kepri, di antaranya di ballroom salah satu hotel.Namun mengingat pesan ketua umum yang juga Gubernur Riau HM Rusli Zainal bahwa salah satu sukses dari Catur Sukses PON XVIII 2012 adalah sukses promosi daerah, maka MMC akhirnya ditempatkan di perpustakaan tersebut.

“MMC di hotel tersebut sudah biasa sebagai tempat Media Centre pada setiap iven-iven olah raga baik tingkat nasional maupun international. Kita juga memandang gedung Perpustakaan Wilayah Soeman HS yang selama ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan bagi masyarakat Riau sangat strategis letak dan fungsinya,” ujar Nurul.Pihaknya juga berkeinginan mempromosikan gedung-gedung Pemprov Provinsi Riau yang tidak kalah arsitektur dan seninya dengan Provinsi lainnya ke seluruh Indonesia, mengingat sekitar 1.800 orang Wartawan dan peliput dari seluruh Indonesia akan bertugas meliput kegiatan PON di Riau.“Kita menginginkan dan akan memberikan rasa nyaman bagi para rekan-rekan jurnalis dan peliput dalam bertugas pada kegiatan PON nantinya,” tegasnya.
Penggunaan Gedung Perpustakaan Wilayah Soeman HS ini nantinya tidak akan mengganggu suasana dan kegunaan perpustakaan selama ini sebagai salah satu tempat dan gudang ilmu pengetahuan bagi para pelajar dan siswa di Provinsi Riau.Ruangan yang dipakai adalah sebagian lantai satu yang peruntukannya direncanakan untuk rekan-rekan Jurnalis dari media cetak dan website.Untuk rekan-rekan jurnalis media elektronik berada pada lantai empat yang mempergunakan Ruang Corner PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), yang juga akan ditempatkan tempatkan studio mini Televisi parnert dan Radio parnert untuk siaran langsung kegiatan PON.Kegiatan konferensi pers nantinya akan mempergunakan eks Gedung Sidang DPRD Riau yang berdampingan dengan gedung Induk Perpustakaan Wilayah Soeman HS.

“Pihak PT.CPI sebagai penyedia perlengkapan MMC sudah mulai bekerja. Meskipun sedikit berbeda dari target waktu untuk uji coba MMC, namun kita optimis mereka dapat bekerja bahu membahu siang malam bersama-sama bidang PPM PB PON XVIII,” ujarnya. Selama PON XVIII MMC di perpustakaan Soeman HS akan menjadi pusat kendali 18 Media Centre di seluruh Riau.

Sumber: gatra.com