ALUS Goes to School Jogja Istimewa

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 22.34 with No comments

“Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah” merupakan stereotip sepanjang masa yang terus melekat dalam masyarakat kita. Seperti kita ketahui, bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai angka minat baca yang tinggi, sedangkan melihat indeks minat baca masyarakat di Indonesia saat ini masih dalam keadaan yang memprihatinkan. Disinilah peran perpustakaan di Indonesia patut untuk dipertanyakan. 

Salah satu peran perpustakaan yang patut untuk dipertanyakan adalah perpustakaan sekolah. Peran perpustakaan sekolah sangatlah vital untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan dapat dikatakan sebagai “jantung sekolah” yakni sebagai sarana utama untuk mendukung proses pendidikan, penelitian, informasi, pembudayaan, pelestarian, dan rekreasi, selain itu perpustakaan sekolah juga sebagai tolak ukur baik atau tidaknya sistem pendidikan yang ada di sekolah tersebut. Namun, pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak perpustakaan sekolah yang belum memenuhi standar nasional, baik dari segi manajemen, teknologi, maupun fisik. 

Maka kami ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan menawarkan suatu solusi bagi perpustakaan sekolah khususnya sekolah-sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan perbaikan dan pengembangan yang berorientasi pada Standar Nasional Perpustakaan, melalui kegiatan ALUS Goes To School “Jogja Istimewa” yang akan dilaksanakan pada 12 November 2016. Kegiatan ini bertepatan dengan hari pahlawan, pada tanggal 10 November sebagai momen yang tepat untuk mengembangkan perpustakaan sekolah. Melalui kegiatan ini diharapkan perpustakaan sekolah dapat meningkat dan dapat memenuhi kegiatan belajar mengajar bagi siswa.

Pelaksanaan ALUS Goes to School “Jogja Istimewa” ini dilaksanakan di 8 sekolah yaitu SD N Surokarsan 2, SD Kepuh, SMK N 1 Pajangan, SD N Bakulan, SD N Percobaan 3 Pakem, MA Darul Ulum Muhammadiyah, SD N 4 Wates dan SD Muhammadiyah Wonosari. Adapun serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam acara ALUS Goes to School “Jogja Istimewa” ini, sebagai berikut:

1. User Education
2. Pustakawan kecil
3. Game Perpustakaan
4. Story Telling

Sudahkah perpustakaan sebagai sarana penunjang belajar mengajar bagi siswa dan guru? Sudahkah perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan? Sudahkah perpustakaan sebagait empat yang menarik dan paling diminati oleh warga sekolah? Itu semua merupakan permasalahan yang harus kita selesaikan dengan Library, Action Right Now!