Pelatihan Jurnalistik : HOW TO BE A GOOD SPEAKER

Posted by ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan on 02.52 with No comments



Pelatihan Jurnalistik merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh  Divisi Pers ALUS DIY setiap tahunnya dengan peserta dari mahasiswa mahasiswi di Yogyakarta. Pada periode ini, Pelatihan Jurnalistik diadakan pada Sabtu, 16 Februari 2019 di Perpustakaan Bantul yang dimulai pada pukul 09.00 WIB, kemudian penyampaian sambutan dari Ketua Acara dan Ketua umum ALUS DIY.
Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk memberikan bekal dan pengetahuan tentang bagaimana kemampuan komunikasi yang baik di depan umum atau dengan orang lain. Terutama beberapa aktifitas yang sering bersinggungan dengan orang banyak atau dalam hubungannya sebagai peliput fakta. Karena dengan kemampuan Public Speaking seseorang akan mudah memberikan suatu informasi kepada orang lain. Kemampuan public speaking tentu harus digali dan terus dikembangkan. Salah satunya dengan kegiatan training atau pelatihan, mengikuti organisasi, diskusi/forum dan praktek langsung.
Dalam kegiatan ini menghadirkan pemateri yang luar biasa yakni Imam Ganendra Riyadi. Ia merupakan mahasiswa aktif Sekolah Tinggi Tekhnologi Nuklir Yogyakarta yang telah memiliki banyak prestasi di bidang olahraga yaitu tenis meja. Ia juga bekerja sabagai repoter, penyiar radio, duta wisata, model dan MC. Di acara ini Imam Ganendra mengajarkan peserta pelatihan bagaimana menjadi pembicara yang baik kedepannya.
Di tengah-tengah acara ini Imam Ganendra membentuk kelompok dari semua peserta, masing-masing kelompok diberi judul yang berbeda-beda seperti kelompok satu dengan judul penyiar radio kelompok dua dengan judul MC dan lain sebagainya. Masing-masing kelompok diberi waktu 3-5 menit untuk berdiskusi dan hanya perwakilan yang maju kedapan.
Di akhir acara ada penampilan dari Bimbim yang menyayikan beberapa lagu. Bimbim juga multitalent dia biasa menyanyi disebuah acara dia juga bisa menjadi model dan MC.
Kegiatan ini berlangsung dengan seru dan lancar. Semoga dengan terlaksananya pelatihan jurnalistik ini semua peserta dapat lebih berani berbicara di depan umum. Terimakasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.