PELATIHAN OTOMASI PERPUSTAKAAN “SLIMS”

Posted by Alus DIY on 21.09 with No comments


Pada tanggal 19 Oktober 2019  di Ruang 105 Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta. ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan melalui divisi Pengembangan Profesi mengadakan acara Pelatihan Otomasi “Slims”. Kegiatan pelatihan otomasi ini sudah menjadi program kerja wajib bagi divisi Pengembangan Profesi setiap tahunnya yang ditujukan untuk anggota muda ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Kegiatan pelatihan otomasi ini bertujuan untuk memberikan modal dan bekal bagi anggota ALUS untuk persiapan memasuki dunia kerja yang mana sekarang dituntut untuk menerapkan TI untuk membantu dan mempermudah pekerjaan di perpustakaan. Otomatisasi perpustakaan sendiri dapat diartikan kegiatan implementasi/penerapan teknologi informasi di perpustakaan untuk menggantikan isitem manual pada kegiatan-kegiatan utama perpustakaan seperti sirkulasi, inventarisasi, katalogisasi, temu kembali informasi dll. untuk persiapan memasuki dunia kerja yang mana sekarang dituntut untuk menerapkan TI untuk membantu dan mempermudah pekerjaan di perpustakaan.
Penerapan teknologi informasi akan membuat yang tadinya pekerjaaan manual menjadi terintegrasi dengan sistem informasi perpustakaan, selain itu otomasi akan membuat citra perpustakaan menjadi lebih baik dan memepermudah perpustakaan saling bertukar informasi dengan kerjasamanya. Otomasi perpustakaan juga membuat pekerjaan dalam perpustakaan lebih efisien dan mempermudah pekerjaan administrasi di perpustakaan. 
Acara pelatihan otomasi ini diikuti setidaknya oleh 43 anak dan bersifat intern organisasi ALUS. Acara pelatihan dimulai pukul 09.00 - 12.30 WIB.
Pada acara pelatihan otomasi ini menghadirkan narasumber Rizki Agus Prayitno selaku Mantan Ketua Umum ALUS periode 2017/2018. Pada acara pelatihan otomasi ini didahului dengan pemberian materi berupa power point otomasi perpustakaan berbasis open source, setelah itu dilanjutkan kegiatan instalisasi “Slims” pada masing-masing laptop yang sudah dibawa peserta.
Semoga dengan diadakannya acara pelatihan otomasi ini anggota ALUS mempunyai bekal yang cukup untuk bekal setelah lulus dari Prodi Ilmu Perpustakaan. Bekal ini sangat penting agar anggota ALUS Asosiasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan mampu bersaing di dunia nyata kerja. Semoga kesempatan dan pengalaman dalam pelatihan otomasi ini dapat terus berjalan setiap tahunnya.