Move on dari Insecure

Posted by Alus DIY on 01.06 with No comments

Oleh: El-Mairy


Istilah Insecure begitu banyak diperbincangkan, namun apa sih insecure itu?
American Psychology Association (APA) mendefinisikan insecurity sebagai perasaan tidak cukup baik,kurangnya rasa percaya diri ,dan ketidakmampuan untuk menghadapi suatu masalah,diiringi dengan perasaan tidak yakin dan cemas akan tujuan-tujuan, kemampuan, dan relasi yang bersangkutan sengan orang lain.

Bukan hanya itu, pengebab insecure dijelaskan pula oleh Dr. Robert dan Lisa Firesrone yang merupakan seorang psikolog dalam penelitiannya, mereka mengatakan bahwa penyebab seseorang merasa insecure itu dikarenakan  adanya pengalaman hidup yang menyakitkan serta menerima perlakuan buruk dari orang yang dekat dengan kita. Misalnya pernah dibilang tidak bisa apa-apa, atau pernah mengalami kegagalan. Dan pengalaman-pengalaman tersebuat secara tidak langsung terkonsep dan termanisfestasi dalam alam bawah sadar kita dan membentuk pikiran negatif mengenai diri kita sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar kita mengatasi insecure itu? mengutip dari sehat mental.id  Ada 6 cara mengatasi perasaan insecure yang muncul dalam diri kita.

Pertama  Berikan waktu untuk diri kita, supaya diri kita ‘sembuh’dari kegagalan dan penolakan dimasa lalu dan beradaptasi dengan keadaan saat ini.

Kedua  carilah orang yang bisa kamu ajak diskusi mengenai perasaan insecure yang kamu rasakan. Berdiskusi dengan orang yang tepat akan membuat kamu mematahkan penyebab dari perasaan insecure yang timbul serta bagaimana kamu bisa mengatasinya.

Ketiga Yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa menjadi seseorang yang baik.

Keempat  Jika kamu merasa gagal, segerah lakukan evaluasi agar kita mengetahui letak kesalahan kita. Bukan menyalahkan diri sendiri.

Kelima Cobalah menuliskan negative self thought yang muncul dalam diri kamu kedalam sebuah tulisan,misalnya ada pikiran yang muncul “Aku tidak berguna” kamu bisa menuliskannya dengan “Aku ngga berguna” secara tidak langsung hal ini akan membantu kamu menyadari bahwa pendapat tentang diri kamu itu salah, dan itu tidak dapat dijadikan sebagai cara kamu memandang diri mu yang sebenarnya.

Dan yang keenam, setelah kamu menuliskan negative selfe thought yang muncul, kamu bisa mulai melakukan refleksi, apakah pikiran yang muncul tersebut ada hubungannya dengan pengalaman kamu dimasa lalu?

Dari keenam cara tersebut bisa kamu terapkan untuk membantu memahami bagaimana mengatasi perasaan insecure itu. sedangkan cara mengatasi insecure menurut saya sendiri yaitu dengan memperbanyak syukur kepada Allah. Sebelum itu langkah awal untuk bisa menghilangkan perasaan insecure itu dengan cara berdamai dengan diri kita sendiri. Seseorang yang sudah merdamai dengan dirinya sendiri ia akan mencintai dirinya sendiri.  Mencintai diri sendiri adalah salah satu bentuk syukur kepada Allah.

Namun hal ini tetap kembali lagi kediri kamu, nasehat apapun itu, jika diri kamu sendiri belum menerimanya maka hal itu semua tidak akan ada berubahan. Yang bisa merubah diri sendiri adalah kamu sendiri. Apapun itu, diri sendirilah yang jadi penentu untuk hidup kamu sendiri.

Kamu akan dianggap baik jika berada dilingkungan yang tepat dan orang yang tepat”

____