PELATIHAN DESAIN BERSERI #1 : Belajar Typhography dari Rumah

Posted by Alus DIY on 17.52 with No comments

            Minggu (08/11/2020), telah dilaksanakan program kerja pertama dari divisi PERS yaitu Pelatihan Design Berseri Seri Pertama, yang hanya di peruntukan untuk Anggota Divisi PERS dan Internal ALUS.  Pelatihan Desain akan diadakan melalui via ZOOM dalam tiga tahap dengan tema “Desain Asyique dari Rumah”. Kegiatan pelatihan seri pertama diawali dengan materi tipografi, yakni teknik memilih dan menata huruf untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal dan seefektif mungkin. Meskipun kali ini kita tengah dihadapkan dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan langsung, namun tidaklah menjadi halangan bagi Anggota ALUS untuk tetap produktif.

            Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh dua MC dari Anggota Muda Divisi PERS, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Divisi PERS lalu sambutan Ketua Umum ALUS. Acara berikutnya adalah materi inti yang dibawakan oleh narasumber sekaligus demisioner ALUS, yaitu Mas Muhammad Furqon. Materi pertama dimulai dari penjelasan software design Adobe Illustrator atau biasa disingkat sebagai AI. Dalam materinya, Mas Furqon menjelaskan kegunaan tools pada Adobe Illustrator. Peserta diajak untuk ikut menganalisis perbandingan antara dua poster, lalu berpendapat mengenai apa saja yang harus diperbaiki dalam poster tersebut. Dengan demikian peserta dapat memahami bentuk kesalahan-kesalahan yang dapat dihindari saat membuat sebuah poster. Acara ini dilakukan dengan diskusi terbuka dengan narasumber mengenai tipografi, tips dan trik membuat poster yang baik dan benar, dan segala hal yang berkaitan dengan pemilihan font, warna dan tata letak sebuah tulisan dalam poster.

            Acara terakhir adalah penutupan, tentu sebelum acara berakhir tidak lupa sesi foto bersama dengan seluruh partisipan. Diharapkan setelah berakhirnya kegiatan pelatihan sesi pertama yang akan dilanjut pada minggu depan untuk sesi kedua, seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dibagikan baik dalam kegiatan kealusan maupun diluar ALUS. Salam Anggota ALUS! Salam Literasi!