JOGJA MEMBACA #12

Kegiatan Jogja Membaca #12: Pengolahan koleksi dan Perbaikan Taman Baca Masyarakat Purbasari
Yogyakarta, 18-19 Februari 2023

Kegiatan Jogja Membaca #12 telah resmi dimulai. Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat Purbasari yang berada di Kelurahan Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta ini diawali dengan kegiatan revitalisasi taman baca masyarakat yang mencakup kegiatan pengolahan buku, perbaikan tempat taman baca dengan melakukan pengecatan ulang, serta melakukan tata ulang ruangan beserta shelving (penempatan buku di rak) yang dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Februari 2023.

Pengolahan buku untuk taman baca sudah dilakukan sejak dua minggu sebelumnya. Pengolahan pertama dilakukan pada 28 Januari 2023 dengan menginput sebanyak kurang lebih 80 buku. Pengolahan kedua dilakukan pada 11 Februari 2023 dengan menginput kurang lebih 100 eksemplar. Dan pengolahan terakhir pada minggu ini terhitung sebanyak 73 eksemplar dengan jumlah akhir 253 eksemplar.

Proses pengolahan buku dimulai dengan memilah subjek sesuai dengan kelas masing masing serta memberi nomor klasifikasi dan nomer inventaris pada buku. Kemudian dilanjutkan dengan penginputan data serta pembuatan dan penempelan label pada buku.

Buku yang diolah merupakan hasil dari pengajuan proposal kerja sama kepada DPAD (Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah) Daerah Istimewa Yogyakarta, P.T. Kanisius, Mraen Mimpi, dan sumbangan dari perorangan baik yang merupakan organisasi ALUS maupun pihak luar.

Selain melakukan pengolahan buku, Jogja Membaca #12 juga melakukan penataan ulang Taman Baca Purbasari. Penataan ulang taman baca ini dilakukan agar taman baca menjadi tempat yang menarik dan nyaman bagi pengunjung perpustakaan agar mereka betah berada di sana. Penataan ulang taman baca ini juga sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak.

Kegiatan penataan ulang taman baca diawali dengan pengecatan ulang ruang baca serta pengaturan interior. Pengaturan interior ini dilakukan karena gedung Taman Baca Purbasari ini tidak hanya digunakan untuk taman baca saja, tetapi juga sebagai gedung Paud yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi. Sehingga, bentuk ruang dan interior taman baca ini disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan di Taman Baca Purbasari ini. by the way, Kegiatan Jogja Membaca #12 belum selesai loh. Masih ada beberapa kegiatan menarik untuk di tunggu. Jadi, nantikan keseruan kami di agenda selanjutnya!!!. Sampai bertemu kembali dan SALAM LITERASI!!.

JM #12 "Bersama literasi mewujudkan ekonomi kreatif".

JOGJA MEMBACA #12 JOGJA MEMBACA #12 Reviewed by Alus DIY on Maret 10, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.